31.1 C
Jakarta
29 Nov, 2021.

John Deere investasi teknologi engine bersih

John Deere telah melakukan investasi pada ClearFlame Engine Technologies, sebuah perusahaan rintisan yang didedikasikan untuk pengembangan teknologi engine bersih.

Solusi ClearFlame memungkinkan bahan bakar rendah karbon seperti etanol dengan mudah diintegrasikan ke dalam mesin-mesin dengan kontak kompresi, yang diklaim sebagai solusi yang lebih sustainable tanpa mengorbankan kinerja engine.

OEM yang berbasis di AS ini menyebut investasinya itu sejalan dengan visi strategisnya untuk mempercepat dan memimpin industri dalam teknologi powertrain rendah dan nol karbon.

“Kami melakukan investasi ini untuk tetap menjadi yang terdepan dalam pengembangan teknologi bahan bakar terbarukan,” kata Pierre Guyot, wakil presiden senior John Deere Power Systems, dilansir dari International Construction, Selasa (2/11).

“Teknologi engine kontak kompresi ClearFlame berpotensi mengurangi emisi CO2 sambil terus memberikan kinerja dan daya tahan yang diharapkan para pelanggan kami dari mesin-mesin John Deere.”

Penggunaan engine yang netral karbon menjadi salah satu tren terbesar di dunia saat  ini demi kelestarian bumi. Di forum COP26 baru-baru ini, para pemimpin dunia yang terlibat dalam Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 2021 itu membahas cara-cara mengurangi emisi karbon.

Industri peralatan berat terus mencari bahan-bahan bakar alternatif seperti investasi JCB dalam hidrogen, rangkaian peralatan listrik Volvo CE yang terus bertambah, dan Caterpillar baru-baru ini mengumumkan pejabat yang khusus membidangi segmen keberlanjutan (sustainability) yang pertamanya.

John Deere menambahkan bahwa pihaknya juga akan menyuplai sebuah engine untuk digunakan dalam pengujian konseptual, yang akan membantu memvalidasi teknologi yang saat ini sedang dikembangkan oleh ClearFlame. Menggunakan etanol sebagai pengganti bahan bakar diesel minyak bumi pada mesin diesel secara signifikan mengurangi emisi karbon dan emisi kualitas udara. Etanol tersedia secara luas dan dapat menawarkan opsi bahan bakar alternatif cair dengan efisiensi tinggi.

“Mesin kontak kompresi memiliki masa depan yang panjang – baik dari segi sumber diesel saat ini maupun berbagai jenis bahan bakar alternatif,” tambah Guyot.

“John Deere sudah menawarkan kompatibilitas diesel berbasis biomassa pada engine-engine kami. Investasi ini adalah hal yang benar untuk dilakukan demi manfaat-manfaat lingkungan, ekonomi, dan pembangunan pedesaan.” #

Related posts