Alat Berat
Business Mining Top News

Liebherr Luncurkan Mining Excavator R 9300 di Bauma 2022

Liebherr meluncurkan hydraulic excavator kelas 250 ton, R 9300, untuk pertama kalinya di Bauma 2022. Foto: Earthmovers Magazine

Liebherr Mining telah mengumumkan kehadiran Hydraulic Excavator R 9300 Generasi 8 pada pameran Bauma 2022 di Munich, Jerman, 24 hingga 30 April 2022. Menggantikan excavator R 9250 yang ada di pasar kelas 250 ton, R 9300 memasukkan prinsip-prinsip desain dan platform- platform teknologi paling canggih untuk lebih meningkatkan kinerja, efisiensi, dan keamanan.

Hydraulic excavator terbaru yang bergabung dengan portofolio Liebherr Mining  ini telah diluncurkan secara resmi pada pameran Bauma 2022 itu. Excavator tambang Generasi 8 yang kedua ini dibangun berdasarkan keahlian desain excavator Liebherr selama beberapa dekade untuk industri pertambangan dan dilengkapi dengan teknologi-teknologi Liebherr Mining yang paling canggih. R 9300 akan diproduksi secara serial pada awal 2024, setelah menyelesaikan fase validasi dan pengujian.

Teknologi-teknologi Liebherr Mining terbaru akan tersedia pada R 9300, mengikuti platform teknologi yang sama dengan excavator R 9600 Generasi 8 yang diluncurkan pada tahun 2021. Teknologi Generasi 8 ini tidak hanya menawarkan kinerja operasional yang meningkat, tetapi juga memungkinkan dipenuhinya tuntutan-tuntutan produk pada masa mendatang, seperti opsi-opsi otomatisasi dan nol emisi.

Menetapkan standar-standar baru dalam industri pertambangan, R 9300 dilengkapi dengan Liebherr Assistance Systems. Aplikasi-aplikasi on-board yang canggih ini dirancang untuk mendukung operator menjadi lebih efisien melalui berbagai analisis dan wawasan-wawasan yang dapat ditindaklanjuti dari data langsung di lapangan.

Hydraulic Excavator Liebherr R 9300 Generasi 8. Foto: Liebherr

Langkah pertama Liebherr dalam otomatisasi hydraulic excavator, Bucket Filling Assistant, tersedia sebagai opsi pada R 9300 versi backhoe. Bucket Filling Assistant adalah fungsi penggalian adaptif atau semi-otonom yang memungkinkan pengisian bucket lebih mudah dan lebih cepat, meningkatkan produktivitas secara keseluruhan dan mengurangi kelelahan operator.

R 9300 juga mendukung Digital Services terbaru, rangkaian produk berbasis data yang bertujuan untuk lebih mendukung para pelanggan dengan performa peralatan, kesehatan aset, konektivitas, dan pemeliharaan.

Melengkapi peta jalan Liebherr Mining menuju peralatan tambang tanpa emisi, hydraulic excavator R 9300 menawarkan kinerja optimal dengan pengurangan konsumsi bahan bakar dan emisi, meningkatkan efisiensi alat secara keseluruhan.

Liebherr Power Efficiency, yang tersedia sebagai fitur standar pada R 9300, merupakan sistem manajemen eksklusif untuk engine dan kontrol sistem hidraulik yang secara substansial mengurangi konsumsi bahan bakar tanpa mengorbankan produktivitas alat secara keseluruhan, memberikan sebuahh solusi rendah emisi.

Engine R 9300 tersedia dalam FCO dan EPA Tier 4 AS/Stage V UE (dengan teknologi after-treatment SCR). Selanjutnya, R 9300 dapat dikonfigurasi dalam penggerak diesel atau listrik, dengan penggerak listrik dapat memanfaatkan solusi penggulung kabel Liebherr. Solusi otonom penuh dengan panjang hingga 300m, penggulung kabel ini memungkinkan pengelolaan kabel selama operasi serta memungkinkan mobilitas alat yang lebih baik, mengoptimalkan keselamatan, dan mengurangi jumlah kru yang diperlukan untuk penanganan kabel.

Didesain untuk semua aplikasi pertambangan, R 9300 dibuat untuk masa pakai desain 60.000 jam yang menunjukkan peningkatan sebesar 33% jika dibandingkan dengan model R 9250. Dengan masa pakai komponen-komponen yang juga diselaraskan dengan masa pakai desain yang lebih baik ini dan kesamaan suku cadang yang kuat di antara model-model excavator Liebherr lainnya, R 9300 menawarkan kemudahan perawatan bagi para pelanggan. Desain R 9300 yang ramping, yang meliputi komponen-komponen dari portofolio yang ada, meningkatkan efektivitas alat dan efisiensi kinerja sekaligus mengurangi biaya siklus hidup.

R 9300 akan memperkenalkan desain attachment baru dengan pemasangan serial komponen berkinerja tinggi, termasuk penutup aluminium dan desain stick dan boom baru, yang mengurangi bobot alat secara keseluruhan.

Dalam konfigurasi backhoe standar, R 9300 dilengkapi dengan bucket 16,5 m3 untuk menghadirkan truk/shovel yang ideal dengan truk tambang Liebherr. Excavator ini memasukkan muatan ke dalam truk 180 ton dalam tujuh kali pengisian (passing), truk 130 ton lima kali, dan truk 100 ton empat kali. Juga tersedia dalam konfigurasi shovel depan yang dilengkapi dengan shovel 16 m3, R 9300 cocok dipasangkan dengan truk pengangkut 180 t, 130 t, dan 100 t.

Mengintegrasikan kabin generasi terbaru, kabin R 9300 menawarkan kenyamanan dan keamanan terbaik bagi para operator melalui ergonomi kabin yang sangat nyaman, layar sentuh besar serta desain panel kontrol baru. Sumber: Liebherr

Berita Terkait