26.1 C
Jakarta
Nov 21, 2019.
Image default

Mengenal Lebih Dekat PT Liebherr Indonesia Perkasa

PT Liebherr Indonesia Perkasa menawarkan solusi komplit untuk kebutuhan alat-alat tambang di Indonesia.

Indonesia adalah eksportir terbesar dunia untuk batubara termal, mengutip laporan Straitstimes (4/7/2019), berdasarkan data pemerintah Australia. Batubara termal terutama digunakan untuk pembangkit energi. Menurut laporan itu, tahun lalu Indonesia mengekspor 429 juta ton. Ketua Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI), Pandu Sjahrir, saat berbicara pada forum Coaltrans di Bali beberapa waktu lalu mengungkapkan, sekitar 124 gigawatt (GW) kapasitas pembangkit berbahan bakar batubara sedang dikembangkan di Asia Tenggara dan Asia Selatan, keduanya merupakan pasar utama bagi Indonesia, dan itu diharapkan untuk mengimbangi penurunan permintaan dari China. Indonesia sendiri diperkirakan akan menambah sekitar 50 juta ton permintaan listrik berbahan bakar batu bara pada tahun 2023, naik 55 persen yang akan menjadikannya salah satu konsumen terbesar di Asia.

Untuk mengurangi ketergantungan pada pasar ekspor, Pemerintah terus mendorong pemakaian batubara dalam negeri pada berbagai mesin pembangkit. Salah satu rencana ambisius pemerintah adalah proyek listrik 35 GW yang memasok batubara sekitar 30 persen dari bauran energi nasional pada tahun 2025. Pembangkit listrik bertenaga batubara merupakan bagian integral dari program elektrifikasi nasional. Batubara berkontribusi lebih dari setengah dari program tersebut. Kalau permintaan batubara domestik terus meningkat untuk memasok kebutuhan bahan bakar bagi mesin-mesin pembangkit yang menjadi bagian dari program kelistrikan nasional, maka hal ini akan memunculkan peluang-peluang baru bagi produsen-produsen dan/atau dealer-dealer mesin-mesin tambang di Indonesia.

Salah satu penyedia alat-alat tambang yang sudah lama berkiprah di Indonesia adalah PT Liebherr Indonesia Perkasa. Perusahaan yang didirikan di Balikpapan (Kalimantan Timur) pada Februari 1997 merupakan penyedia solusi komplit untuk alat-alat tambang merek Liebherr. Perusahaan ini berkomitmen untuk memberikan dukungan pelanggan terbaik dengan fokus sepenuhnya pada penjualan dan menyediakan dukungan pada produk-produk Liebherr yang diyakini akan menghasilkan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Untuk memastikan hal itu, Liebherr hadir sendiri di Indonesia tanpa melalui dealer.

“Yang menjadi pembeda utama Liebherr di pasar pertambangan batubara Indonesia dari para pesaingnya adalah kehadiran lokal yang kuat. Liebherr hadir secara langsung di Indonesia tanpa melalui dealer. Hal ini menjamin citra brand dan mutu layanan yang tak tertandingi. Ini adalah inti dari budaya perusahaan dan penggerak  utama yang menumbuhkan kepercayaan pelanggan dan preferensi mereka dalam bekerja sama dengan Liebherr,” kata Hadityo Sugiarto, General Manager Sales & Marketing PT. Liebherr Indonesia Perkasa (PTL) kepada Equipment Indonesia.

Liebherr memiliki pengalaman selama puluhan tahun dalam mendesain, memproduksi dan mendukung operasi mesin-mesin tambang. Pabrikan asal Jerman ini  menyediakan opsi-opsi yang memiliki nilai tambah dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan spesifik para pelanggan di Indonesia. Kualitas, keandalan dan teknologi-teknologi yang inovatif menjamin bahwa operasi-operasi tambang dapat berjalan dengan aman serta efisien dari segi waktu dan biaya kapan pun – bahkan dalam kondisi yang paling sulit.

Portofolio produk-produk yang ditawarkan Liebherr di segmen tambang, Hadityo melanjutkan, meliputi hydraulic mining excavator (100 – 800 ton), truk-truk tambang  (100 – 400 ton), dozer (70 ton) serta beragam model bucket dan Ground Engaging Tools (GET). Liebherr dikenal sebagai produsen terbesar di dunia untuk off highway truck.  Mesin-mesin dozer dan excavator Liebherr banyak digunakan dalam industri pertambangan batubara di Indonesia. Saat ini, Liebherr Mining adalah OEM yang menawarkan jajaran excavator terbesar di pasar Indonesia, dari mulai dari 100 ton hingga 800 ton: R9100,R 9150 B, R 9200, R 9250, R 9350, R 9400 dan R 9800.

Grup Liebherr memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam mengembangkan mesin-mesin bertenaga listrik untuk aplikasi-aplikasi pemindahan tanah, penanganan material, dan penambangan. Pada pameran Bauma Munich 2019, Liebherr memperkenalkan dua mesin bertenaga listrik untuk segmen pertambangan, R 9200 E dan T236. R 9200 E adalah excavator  210 ton yang 100% bertenaga listrik,  dengan tenaga mesin 850kW (1.139HP). Berkomentar mengenai excavator anyar ini, Hadityo mengatakan R9200E menyeimbangkan kinerja dengan kesadaran lingkungan, dengan biaya perawatan yang hingga 25% lebih rendah dibandingkan dengan excavator diesel. Excavator tambang R 9200 E itu berpasangan dengan truk tambang T 236 bertenaga diesel elektrik, 100 ton. Gandar belakang truk ini digerakkan oleh motor listrik, yang mengambil energinya dari diesel engine.

“Produktivitas excavator R 9200 E sangat cocok dengan strategi Liebherr untuk memberikan solusi total bagi para pelanggannya. Untuk perusahaan-perusahaan pertambangan besar dengan operasi-operasi yang kompleks, produktivitas Liebherr R9200 menjadikannya pilihan yang sempurna,” ujarnya berpromosi.

Mesin-mesin Liebherr memiliki reputasi yang luar biasa dalam hal daya tahan, keandalan dan efisiensi di industri yang menuntut penggunaan mesin-mesin yang tangguh. Mesin-mesin Liebherr juga telah menetapkan standar-standar tinggi dalam operasi tambang terbuka di seluruh dunia. Kehadiran alat-alat Liebherr sangat kuat di antara perusahaan-perusahaan tambang batubara.

“Melalui penggunaan teknologi-teknologi maju, komponen-komponen yang bertahan lama dan layanan pelanggan langsung di lokasi yang dilakukan secara komprehensif, Liebherr memastikan uptime dan efisiensi biaya tertinggi dari mesin-mesinnya, termasuk dalam kondisi terberat sekalipun. Fokus yang terus-menerus pada inovasi dan kualitas, Liebherr memastikan di semua area produk para pelanggan mendapat nilai terbaik,” ucapnya meyakinkan. Mesin-mesin tambang Liebherr tersedia dengan berbagai opsi termasuk performa tinggi, konsumsi bahan bakar yang semakin optimal, peredaman suara serta berbagai paket lain untuk menjamin kenyamanan para operator. Opsi-opsi ini memungkinkan mesin-mesin Liebherr dapat beradaptasi dengan sebagian besar aplikasi di seluruh dunia; dari wilayah Kuzbass di Rusia hingga puncak tertinggi di Argentina. @

 

 

Related posts

Volvo Luncurkan Call Center Dua Bahasa Di Indonesia

Epiroc Akan Luncurkan Dua Solusi Digital Dalam Operasi Tambang & Konstruksi

William Syukur

Apakah Alat Rekondisi Opsi Yang Tepat Untuk Armada Anda?

William Syukur