26.8 C
Jakarta
Nov 21, 2019.
Image default

Mengenal Raja-Raja Angkut di Segmen Heavy Duty

Mengapa permintaan model-model articulated dump truck (ADT) yang popular semakin meningkat.

Mesin-mesin ADT (articulated dump trucks), dengan kemampuan memindahkan material secara efisien, semakin diminati dewasa ini seiring dengan meningkatnya aktivitas bisnis, terutama di sektor tambang, quarry dan konstruksi. Di pasar global, perusahaan-perusahaan rental sampai kehabisan stok, sementara para customer berebutan mencari suplier yang bisa memenuhi kebutuhan artic mereka. (Lihat laporan www.equipmentworld.com, 16/8/2019).

Dilaporkan, kemajuan-kemajuan teknologi yang begitu pesat di industri truk pada umumnya kurang memberi pengaruh terhadap mesin-mesin ADT. Alat-alat ini terus melakukan apa yang mereka sedang kerjakan, dan para kontraktor terus menggunakannya. “Peralatan-peralatan lain memiliki teknologi yang jelas,” kata Scott Thomas, spesialis aplikasi produk Caterpillar.  Bagi mesin-mesin ADT, yang diutamakan adalah payload. Bagi ADT, kata Scott, sebagian besar teknologi ada di belakang layar.

Thomas mengungkapkan, sejak tahun 2011 Cat telah memiliki kontrol traksi; enam sensor memonitor slip roda dan menyesuaikan torsi dengan kebutuhan. Cat juga memiliki kontrol stabilitas di semua model, kecuali 725C2, model terkecil.

Pengereman otomatis memiliki beberapa tingkatan dan juga akan menerapkan service brake kalau diperlukan pengereman tambahan.  Siklus dump dapat dilakukan dengan sentuhan jari untuk mengaktifkan lift assist. Tekan tombol saat berjalan dengan kecepatan di bawah 4 mph baik maju maupun  mundur dan sistem beralih ke netral, gunakan rem servis untuk berhenti yang terkontrol, naikkan putaran engine, dan naikkan bed. Tombol ada di joystick tepat di sebelah pengontrol transmisi supaya tidak membingungkan operator.

Komatsu juga menyediakan sejumlah teknologi canggih pada produk-produk ADT. Sistem kontrol traksi Komatsu memonitor kecepatan roda dan secara otomatis mengaktifkan dan melepaskan rem servis pada setiap roda untuk membatasi slip ban. Pengemudi bisa mengunci diferensial tengah untuk pembagian torsi depan/belakang 50/50. Mode kerja Power dan Economy mengurangi pemakaian daya atau efisiensi sesuai tuntutan situasi. Demikian juga, operator dapat menyesuaikan transmisi untuk memulai gigi maju pertama atau kedua untuk menyesuaikan dengan tuntutan kondisi.

Ada beberapa kemajuan teknologi kecil tapi stabil, jelas Mark Shea, konsultan produk, ADT, John Deere. “Sistem telematika kami, JDLink, dikonfigurasikan sepenuhnya sebagaimana adanya tetapi masih melihat kemajuan bertahap yang teratur.” Sebagian besar hal ini berarti mendapatkan lebih banyak data lebih sering dan melakukan lebih banyak dengan itu.

“Kami ingin memberi pelanggan-pelanggan kami data terbaik yang dapat digunakan untuk membantu mereka membuat keputusan dan meminimalkan downtime,” kata Shea. Teknologi di belakang layar lainnya termasuk pemantauan suhu gandar dan kontrol aliran untuk mendinginkan axle yang membutuhkannya dan kipas pendingin yang digerakkan secara hidraulik dengan opsi berputar terbalik untuk merespons kebutuhan sistem pendingin.

Bell mengantisipasi tuntutan di site yang menginginkan unit-unit yang beroperasi saling terhubung. “Terjadi peningkatan permintaan untuk tempat kerja yang saling terhubung di mana mesin-mesin berkomunikasi secara terpusat dan akhirnya terhubung satu sama lain,” kata Neville Paynter, presiden, Bell Equipment  America Utara. Menurutnya, bidang yang berkembang dari Internet of Things (IoT) ini membantu memajukan minat dan teknologi yang memungkinkan.

Kemampuan untuk mengikuti arah GNSS tanpa pengemudi dan komunikasi tanpa merek adalah bagian penting dari ini, kata Paynter, tetapi ada beberapa prinsip keselamatan yang harus didahulukan. “Langkah praktis komersial pertama untuk operasi-operasi Bell ADT dalam hal ini adalah di bidang  Pedestrian Detection Systems (PDS) dan Collision Avoidance Systems (CAS) di mana sistem rem truk diaktifkan secara elektronik seandainya ada risiko tabrakan.” Tantangannya – menyebut salah satunya – adalah merancang sistem rem untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan ini tanpa memengaruhi sertifikasi-sertifikasi ISO dari sistem-sistem tersebut.

Kalangan produsen telah melakukan banyak hal untuk memperlambat dan menghentikan pergerakan ADT. Truk Deere E Series mulai berdatangan pada tahun 2012. Truk dengan rangka besar (370E, 410E dan 460E), yang menggunakan as-as roda Deere, memiliki rem-rem yang sudah terpasang di dalam truk. ADT 260E dan 310E, yang menggunakan axle ZF, mempertahankan rem tempel. Semua axle menawarkan pelumasan bertekanan bersama dengan sistem pendingin dan penyaringan individual.

Deere memilih perlambatan transmisi daripada pengereman engine; pengereman ini menawarkan kinerja yang konsisten di semua kecepatan engine dan dapat diatur untuk aplikasi 10 hingga 100 persen dengan kenaikan 10 persen. Menginjak pedal rem secara otomatis menggunakan pengoperasian retarder 100 persen untuk mengurangi keausan pada rem servis. Kontrol penurunan bukit sangat bervariasi dan berfungsi untuk mempertahankan kecepatan truk ketika kaki operator melepas pedal rem dan pedal gas.

Doosan DA30-5 memiliki sistem pengereman yang sudah disetel yang tersedia melalui monitor layar sentuh di dalam kabin. Hal tersebut bagus jika penyetelan itu pas untuk seluruh lokasi kerja. Namun, hal ini sering tidak terjadi. Sehingga Doosan memindahkan controller ke joystick di mana operator dapat dengan mudah mengubah persentase fungsi retarder agar sesuai dengan perubahan kondisi. Penyetelan pengereman tetap 25, 50 dan 75 persen.

Doosan juga mengurangi jumlah rem. Pabrikan ini menggunakan desain roda belakang berdua-dua yang unik. Setiap roda memiliki remnya sendiri. Sekarang ada satu rem per tandem wheelset, sehingga truk memiliki total empat rem, bukan enam. Perubahan ini memberikan kemudahan dalam pemeliharaan dan mengurangi bobot truk.

Aaron Kleingartner, manajer pemasaran, Doosan, mengatakan urutan pengereman mengikuti pola ini: rem engine diaktifkan terlebih dahulu, kemudian retarder transmisi, diikuti oleh rem servis. Urutan ini dirancang untuk menyeimbangkan kinerja pengereman mesin dengan lebih baik. DA30-5 juga sekarang memiliki suspensi depan independen yang sama dengan DA40-5.

Terex Trucks, salah satu divisi dari Volvo Construction Equipment, adalah pemain global yang berbasis di Motherwell, Skotlandia. Perusahaan ini sangat terbiasa dengan pasar dunia, kata Paul Douglas, direktur pelaksana Terex Trucks, dan mencatat mungkin ada variasi di berbagai pasar, tetapi fitur-fitur tertentu menarik bagi semua pelanggan, terlepas dari lokasi.

Terex Trucks TA300 diperbarui pada Agustus 2018, dan di antara perbaikan-perbaikan tersebut dipasang transmisi EP320 baru dengan delapan gigi maju dan empat mundur, menggantikan enam gigi maju dan tiga gigi mundur sebelumnya. Kemudahan berkendara mengalami peningkatan dan efisiensi bahan bakar meningkat hingga 5 persen.

Volvo juga telah mengoptimalkan pemindahan gigi dengan Volvo Dynamic Drive, yang merespons muatan dan kemiringan lereng. Sistem ini akan secara otomatis mendeteksi kapan harus memilih gigi awal yang lebih tinggi atau kapan harus mengganti gigi. Ketika kondisi membutuhkan, Volvo Dynamic Drive akan memegang sebuah gigi, memastikan rim-pull maksimal.

“Dengan Dynamic Drive, para pelanggan dapat mengharapkan peningkatan efisiensi bahan bakar 3 hingga 10 persen tergantung pada modelnya,” kata Rob Palermo, manajer produk artic Volvo CE.

Utamakan kenyamanan dan kemudahan operasi

Doosan adalah salah satu produsen ADT yang mengedepankan  kenyamanan dan kemudahan dalam operasi. Kabin DA30-5 memiliki lebih dari selusin fitur baru, termasuk dasbor yang dirancang ulang dengan penutup sentuhan lembut, monitor baru dengan indikator lebih besar yang lebih mudah dibaca, kaca-kaca cermin yang dapat disetel secara elektrik, dan lebih banyak ruang di antara pedal kaki.

Thomas mengatakan Caterpillar mengadakan konferensi mengenai kabin di mana operator-operator berpengalaman dari seluruh dunia mencoba perubahan desain menggunakan realitas virtual secara real time. Sejumlah perubahan muncul dari konferensi itu dan penelitian lainnya. Kabin yang digunakan memiliki offset (jarak) 3 inci di sebelah kiri garis tengah truk; sekarang di tengah-tengah. Tempat penyimpanan di dalam kabin memiliki ventilasi HVAC plus lantai yang agak miring untuk menjaga agar barang-barang tidak berguling-guling.

Meskipun truk dapat dihidupkan dalam kondisi dingin, Cat merekomendasikan untuk mengaktifkan wake-up switch (sakelar bangun) terlebih dahulu, sehingga berbagai komponen komputer dapat terhubung sebelum truk menyala. Pada saat operator naik ke dalam kabin, truk sudah siap untuk memulai.

Shea mengatakan perubahan-perubahan sederhana dapat membuat perbedaan besar. Misalnya, area-area inspeksi harian pada ADT Deere diberi penerangan dan dapat diakses dari tanah. Berbagai sistem diberi kode warna. Oli, misalnya, ditandai kuning, sehingga dipstick, pengisi (filler) dan semua perlengkapan lain yang berkaitan dengan pelumas berwarna kuning.

Frank Nyquist, manajer pemasaran produk, Komatsu America, mengatakan para operator mendapat manfaat dari fitur-fitur standar seperti kursi operator yang dipanaskan dengan suspensi udara, tilt & telescoping steering dan sebagainya. Tim servis menyukai kemudahan akses pada kabin yang bisa dimiringkan secara hidraulik dan kenyamanan pompa bahan bakar listrik, yang mempercepat penggantian filter bahan bakar. Para manajer armada sangat merasakan manfaat dari telematika Komtrax standar dan dari Komatsu Care, yang mencakup pemeliharaan terjadwal hingga tiga tahun atau 2.000 jam, tergantung mana yang  dicapai lebih dulu. (Sumber: equipmentworld.com)

 

Related posts

Penanaman Bibit Markisah di Production Unit Gresik Bersama SDN 1 Sidokumpul

admin

Trakindo Luncurkan Crawler Excavator CAT 320D2 GC

SANY Hadirkan Wajah Baru Produk China

William Syukur