26.1 C
Jakarta
Nov 21, 2019.
Image default

Truk-truk Anyar di GIIAS 2019

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) kembali dihelat pada 18-28 Juli 2019. Pameran tahunan ini menjadi ajang bagi perusahaan-perusahaan otomotif untuk memperkenalkan produk-produk anyar mereka ke publik, termasuk produsen-produsen truk kelas dunia seperti FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Truck.

Mitsubishi Fuso

Truk Fuso Fighter (Dok. EI)

Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi truk dan bus Mitsubishi Fuso,  menghadirkan produk-produk andalannya pada ajang GIIAS 2019, yaitu Fuso Fighter. Truk jenis Medium Duty Truck ini sudah diperkenalkan ke publik dalam 9 varian pada awal 2019 ini. Dua varian sudah dipamerkan pada ajang GIIAS 2019 di Surabaya pada Maret lalu FN62F HD (6×4) dan FN62F TH (6×4). Sedangkan 7 varian lainnya adalah  FM65FS HiGear (4×2), FM65FS (4×2), FM65FL HiGear (4×2), FM65FL (4×2), FN61FM HD (6×2), FN61FS (6×2) dan FN62F (6×4).

Duljatmono, Sales and Marketing Director PT KTB Truk mengatakan varian baru yang dipamerkan di GIIAS Jakarta 2019 memiliki spesifikasi tenaga dan tramisi yang sama dengan dua varian sebelumnya. Perbedaanya, varian terbaru ini memiliki dimensi yang lebih panjang untuk lebih mendukung produktifitas pelaku bisnis.

“Karena dimensi panjang memang paling banyak dibutuhkan karena dapat memuat banyak barang. Sehingga kami meresponnya di semester II tahun ini. Kehadiran Fighter menandakan keseriusan kami di segmen medium duty truck (MDT), dimana segmen ini menjadi pendorong pertumbuhan cukup signifikan bagi kendaraan niaga di Indonesia,”ujarnya dalam siaran pers.

Seperti pernah diungkapkan perusahaan pada Januari lalu, seluruh varian Fighter dapat disesuaikan dengan beragam tipe karoseri dari berbagai sektor industri seperti  kargo & logistik, perkebunan, pertambangan dan infrastruktur. Fighter dirancang sebagai generasi terbaru dari model FUSO, membawa serta DNA dan performa handal Mitsubishi Fuso, dengan pembaruan dan penyempurnaan yang dapat menyesuaikan berbagai kebutuhan bisnis.

Produk baru ini diharapkan dapat memenuhi ambisi KTB dalam meningkatkan pangsa pasar Mitsubishi Fuso di segmen Medium Duty Truck (MDT), sebagaimana pencapaian pangsa pasar mutlak di segmen LDT. Pada 2018, Mitsubishi Fuso berhasil meraih pencapaian mutlak dengan 43.9% pangsa pasar dengan jumlah penjualan sebanyak 51.132 unit. Hal ini menunjukkan dominasi Mitsubishi Fuso sebagai market leader di segmen kendaraan niaga dan KTB bertekad untuk senantiasa meningkatkan dominasinya dengan menyediakan produk, layanan, dan komunikasi profesional.

Fighter dilengkapi dengan keunggulan yang dapat menunjang bisnis, keunggulan pada performa kuat namun tetap efisien. Dengan tipe mesin 6M60 dengan power berkisar 240-270 PS, daya tanjak kuat meski membawa beban berat. Standarisasi Euro III dengan sistem common rail pada mesin menjadikan proses pembakaran bahan bakar lebih sempurna dan efisien sehingga berimbas pada kualitas lingkungan yang lebih baik.

Fighter juga dapat menyesuaikan dengan bahan bakar Biodiesel B20, karena sudah dilengkapi dengan double filter untuk bahan bakar. Sedangkan untuk sistem pengelolaan fleet, RUNNER Telematics akan memudahkan konsumen mengelola armada secara real-time dimanapun dan kapanpun.

Dari sisi kenyamanan, truk ini menawarkan ruang kabin yang lebih luas, suspensi kursi pengemudi yang dapat disesuaikan, manuver mudah, kabin kedap suara bising dan getaran. Semua kenyamanan tersebut akan memberikan kenyamanan maksimal bagi pengemudi. Kemudian kaca depan panorama serta lampu sudut juga akan memberikan penglihatan pengemudi lebih jelas sehingga aman ketika berkendara.

Chassis truk ini mudah disesuaikan dengan berbagai tipe karoseri. Rivet atau paku pengencang terletak di samping rangka chassis, serta tambahan soket/stop kontak kelistrikan, memudahkan pemasangan berbagai tipe karoseri seperti dump, box terbuka/tertutup, flat bed, wing box, tangki, hi-blow, dll.

Fighter memiliki DNA FUSO yang telah terbukti kehandalan dan kualitasnya. Sebagian suku cadang Fighter sepadan dengan suku cadang model sebelumnya untuk memudahkan konsumen. Performa Fighter juga telah terbukti dan diterima dengan baik oleh para pengguna profesional di Jepang.

Hino

Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menghadirkan beberapa unit kendaraan komersial pada GIIAS 2019. Salah satunya truk bertenaga hybrid. Head Marketing Communication Division HMSI, Ardiyasa Dwisaputra mengungkapkan ada delapan  unit yang dipamerkan, antara lain Hino Ranger, Hino spesialis rally dakar dan Hino Dutro. “Delapan produk tersebut terdiri atas lima Dutro, dua Ranger dan ikon truk rally dakar Hino,” ujarnya seperti dilansir iNews.id.

HMSI juga memamerkan kendaraan spesial lainnya, seperti Dutro bertenaga hybrid, Dutro berbentuk bus dan truk bensin. Nantinya kendaraan spesial ini, khususnya Dutro bertenaga hybrid, akan menjadi prototipe alias truk konsep.

FAW

Truk baru FAW yang diperkenalkan pada GIASS 2018 di ICE, BSD (Dok. EI)

Pada ajang GIIAS 2018 lalu, FAW meluncurkan dua produk baru yaitu FAW Light Truck 4X4/130HP dan FAW Tractor Head 6X4/350HP. Nah, tahun ini, FAW membawa produk baru ke GIIAS 2019. GIIAS 2019 ini, FAW juga menghadirkan produk-produk unggulan kepada para pelanggan. “Kami mencoba melakukan terobosan terbaru baik dari unit maupun program-program terbaik untuk pelanggan kami,” ujar Maulana dari FAW seperti dilansir MobilKomersial.com.

FAW yang menempati booth di Hall 8 menampilkan enam unit truk dan empat komponen display.

FAW merupakan perusahaan asal Tiongkok yang memproduksi mobil, bus, dan truk dari ukuran ringan, medium, sampai kelas berat berikut dengan suku cadang kendaraan. Di Indonesia, FAW diwakili oleh PT Gaya Makmur Mobil selaku APM.

Tata Motors Akan Perkenalkan 7 Produk Terbaru

Pesatnya pertumbuhan kebutuhan komoditas energi, konstruksi, dan logistik di Indonesia pada tahun 2018 menjadi latar belakang Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) percaya diri memperkenalkan tujuh kendaraan niaga baru di segmen pikap dan truk tahun ini.

Ketujuh produk tersebut adalah: Tata Super Ace HT2 Facelift, Tata LPT 407-34 WB, Tata Ultra 1014-45&33 WB, Tata LPT 813-38 WB, Tata LPT 1116-42 WB, Tata Prima 3338.K 8×4 52 WB, dan Tata Prima 3123. T.

TMDI bertekad menjadi salah satu pemain utama dalam partisipasinya pada pembangunan di Indonesia. TMDI menyediakan solusi kendaraan niaga yang efisien, produktif, dan menguntungkan.

“Kami yakin produk-produk baru kami dapat diminati para pengusaha yang memnbutuhkan kendaraan-kendaraan niaga  yang kuat, efisien dan terjamin purna jualnya. Dengan kehadiran 7 produk baru ini kami memberikan pilihan yang cerdas kepada pelanggan Indonesia. Saat ini, hampir 85% pasar CV di Indonesia sudah kami huni,” kata Presiden Direktur TMDI, Biswadev Sengupta saat jumpa pers di Jakarta beberapa waktu lalu.

Kehadiran tujuh jagoan baru Tata Motors ini memperkuat posisi Tata Motors di segmen truk medium heavy duty untuk tambang, logistik, dan konstruksi.

Seperti semua kendaraan Tata Motors di Indonesia, ketujuh produk Tata yang akan diluncurkan secara bertahap di Indonesia pada tahun ini juga didukung oleh program Customer Care ”Peace of Mind” yang merupakan penawaran unik dari TMDI.

Program ini terdiri dari garansi terbaik di kelasnya, jaminan ketersediaan suku cadang serta layanan 24 jam x 7 hari On Road Assistance.

Tata Motors telah memiliki 300 Iebih Touch Points yang terdiri dari fasilitas 35 (Sales, Service, Spare parts), 15 (Sales), 25 (Service, Spare parts) Tata Certified Workshop (TCW) dan Parts Shop yang menjual Tata Genuine Parts di seluruh Indonesia. EI

Related posts

Siemens Luncurkan SIMATIC IOT2040 Untuk Sektor Industri

admin

United Tractors Fokus Garap Pasar Kendaraan Komersial

William Syukur

Apa Saja Benefit Manitowoc Crane Care?

William Syukur