Alat Berat
Crane Material Handling Press Release Top News

Zoomlion Luncurkan All-terrain Crane Hibrid Pertama di Dunia

Zoomlion all terrain crane hybrid ZAT2200VE863. Foto: Seetao.com

Zoomlion telah meluncurkan apa yang diklaimnya sebagai all terrain crane pertama di dunia dengan powertrain hibrida. ZAT2200VE863 berkapasitas 220 ton yang diluncurkan pada 11 April 2022 memiliki boom 85 meter dan bertumpu pada truk lima axle. Alat ini memiliki sebuah mesin pembakaran internal dan motor listrik. Dengan power output gabungan 360 kW, sistem penggeraknya lebih bertenaga daripada model diesel-hidraulik konvensional sebesar itu, klaim Zoomlion.

All terrain crane hibrida ZAT2200VE863 menawarkan tiga mode operasi pengangkatan: listrik murni, plug-in, dan tenaga bahan bakar untuk sepenuhnya beradaptasi dengan berbagai kondisi dan skenario kerja. Dalam mode operasi listrik murni, crane ini dapat beroperasi dengan mengandalkan baterai saja selama delapan jam. Alat ini juga dapat menghasilkan tenaga mesin yang sama dengan power plug-in 380V AC eksternal. Kedua mode tersebut tidak menggunakan bahan bakar dan urea, sehingga ramah lingkungan dan ekonomis.

Dalam mode tenaga bahan bakar, mesin bertenaga bensin dapat berjalan dalam kisaran konsumsi bahan bakar ekonomis yang sesuai dengan motor, menghemat 35 persen bahan bakar dibandingkan dengan crane yang menggunakan bahan bakar.

Dibandingkan dengan crane yang ada di pasaran, ZAT2200VE863 telah meningkatkan tonase hampir 10 kali lipat untuk mencapai kisaran 220 ton, sambil memanfaatkan boom utama 85 meter dengan kemampuan angkat maksimal 7,2 ton.

Mengomentari pengembangan alat angkat ini, Luo Kai, wakil presiden dan genereal manager Zoomlion untuk divisi pembuatan crane, mengatakan, “Didorong oleh insentif-insentif kebijakan dan permintaan pasar, industri mesin konstruksi berakselerasi ke era energi baru, ZAT2200VE863 merupakan pencapaian R&D produk inovatif Zoomlion. Mesin-mesin hybrid rendah konsumsi bahan bakar, polusi dan kebisingan dengan efisiensi energi yang tinggi, dan kondusif untuk mendorong transformasi energi dan peningkatan teknologi industri.”

All terrain crane ZAT2200VE863 menyusul peluncuran truck crane bertenaga listrik penuh dengan kapasitas  25 ton Zoomlion, ZTC250N-EV, pada Mei 2020. Sumber: PR Newswire

Berita Terkait