27.4 C
Jakarta
31 Jul, 2021.

Excavator Concept-X Doosan Infracore Memenangkan Gold Award 2021

Doosan Infracore telah memenangkan Gold Award 2021 di ajang International Forum Design (iF Design) Awards 2021 di Jerman untuk desain Concept-X Excavator, sebuah excavator tanpa awak yang berorientasi masa depan.

Concept-X Excavator, alat konstruksi tanpa awak yang berorientasi masa depan dari Doosan Infracore, telah menerima Gold Award di ajang iF Design Awards 2021 (Foto: iF Design)

Dikutip dari pernyataan iF Design saat pengumuman Gold Award itu, penyelenggara iF International Forum Design, mengatakan bahwa konsep Concept-X Excavator meningkatkan standar dan meningkatkan batas-batas teknologi dengan visi ambisius untuk masa depan peralatan konstruksi.

“Truk-truk dan excavator-excavator tak berawak yang diawasi oleh drone memperkenalkan sistem sci-fi dan gaya otomotif ke sektor konvensional. Kemungkinan-kemungkinannya tidak terbatas: keselamatan, produktivitas, presisi, dan kualitas semuanya meningkat,” kata If Design.

Sebagai mesin konstruksi tak berawak yang berorientasi masa depan, desain Concept-X Excavator dari Doosan Infracore dicirikan dengan tidak adanya kabin untuk operator dan empat continuous track terpisah yang membentuk bagian bawah alat. Konfigurasi empat track itu menguntungkan untuk mempertahankan posisi yang stabil di permukaan tanah yang tidak rata. Desain tersebut dimaksudkan agar semua komponen, kecuali boom excavator, akan digerakkan, dengan indikator melingkar yang dipasang pada area-area sambungan sehingga memudahkan pengenalan beban.

Concept-X adalah solusi kontrol otomatis dan terintegrasi tak berawak pertama di dunia yang diperkenalkan oleh Doosan Infracore untuk lokasi konstruksi, quarry dan penambangan pada tahun 2019. Concept-X dapat melakukan pekerjaan tanpa pengawasan dengan meminta drone untuk mengukur tempat kerja, menganalisis data secara otomatis, menyusun rencana kerja, dan mentransfer data ke mesin seperti excavator dan wheel loader.

Doosan Infracore telah memenangkan penghargaan dua tahun berturut-turut di ajang iF Design Awards, sebagai kelanjutan dari Product Discipline Award yang dimenangkan oleh rangkaian mesin wheel loader baru DL-7 tahun lalu. Perusahaan ini telah menunjukkan kekuatan desain, seperti yang ditunjukkan dengan memenangkan Best of the Best pada Pinup Design Awards 2019 dan Main Award pada ajang Red Dot Design Awards 2020.

“Merupakan hal yang tidak biasa bagi peralatan konstruksi memenangkan Gold Award di iF Design Awards. Kami berencana untuk membangun citra desain premium yang diwakili oleh desain pemenang penghargaan dari produk generasi baru kami,” kata seorang pejabat Doosan Infracore. (Sumber:  Doosan)

Related posts