27 C
Jakarta
21 Sep, 2021.

Frans Kesuma Kembali Terpilih Sebagai Ketua ASPINDO

Frans Kesuma, Ketua ASPINDO. (Dok. Aspindo)

Frans Kesuma kembali terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (ASPINDO) untuk tiga tahun ke depan (2021 – 2024) dalam Musyarawah Nasional (MUNAS) ke-V yang diselenggarakan secara virtual pada Rabu (30/6). Acara Munas ASPINDO tersebut dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Ridwan Djamaluddin.

ASPINDO merupakan asosiasi yang mewadahi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang jasa pertambangan dan industri-industri pendukungnya.

Dalam kata sambutannya Frans Kesuma menegaskan pentingnya peran asosiasi dalam membangun relasi dengan para pemangku kepentingan, mulai dari sesama pelaku usaha hingga pemerintah.

“Asosiasi menjadi sarana paling tepat untuk menyuarakan kepentingan-kepentingan anggota yang berkaitan dengan keberlanjutan bisnis. Apalagi di tengah dinamika yang terjadi akhir-akhir ini yang membawa konsekuensi perubahan, khususnya mengenai ketidakpastian sebagai dampak dari pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Dia menambahkan, usaha jasa memiliki kontribusi besar dalam industri pertambangan dan perekonomian nasional, mulai dari penyerapan tenaga kerja, investasi, hingga setoran pajak. “Peranan usaha jasa pertambangan sangat besar dalam kontribusi terhadap pendapatan negara maupun dalam hal penyerapan tenaga kerja,” ujarnya.

Frans Kesuma saat ini menjabat sebagai Presiden Direktur PT United Tractors, Tbk. Selain itu, pria asal Surabaya, Jawa Timur ini juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Pamapersada Nusantara, salah satu kontraktor tambang terbesar di Indonesia. #

Related posts