26.2 C
Jakarta
23 Jun, 2021.

Komatsu Rayakan Hari Jadi ke-100

Tahun ini Komatsu merayakan hari jadinya yang ke-100 dengan serangkaian inisiatif, termasuk pembaruan proyek komunitas dan peluncuran website dan film baru untuk mengenang peristiwa penting ini.

Komatsu merayakan hari jadinya yang ke-100 pada 13 Mei 2021. Didirikan di Kota Komatsu, Komatsu telah berkomitmen pada kualitas dan keandalan serta bekerja untuk memaksimalkan kepercayaan para pelanggan, pemegang saham, distributor, pemasok, mitra bisnis, dan semua pemangku kepentingan lainnya hingga saat ini.

Bagi Komatsu, hari ulang tahun ke-100 merupakan kesempatan komunikasi untuk meningkatkan dan menyebarluaskan brand korporasi dan menyampaikan apresiasi kepada semua pemangku kepentingan atas dukungan mereka selama ini. Dalam rangka perayaan 100 tahun itu, pabrikan asal Jepang ini akan melaksanakan serangkaian kegiatan peringatan dan melakukan upaya-upaya untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan pada masa mendatang.

Melihat ke 100 tahun berikutnya, Komatsu akan terus bergerak maju bersama para pemangku kepentingannya karena perusahaan ini menciptakan nilai melalui inovasi-inovasi manufaktur dan teknologi untuk memberdayakan masa depan yang berkelanjutan di mana orang-orang, dunia bisnis, dan planet kita tumbuh bersama.

Komatsu telah mendefinisikan identitas korporatnya dengan merefleksikan pertumbuhan perusahaan yang dibangun oleh para pelopor dan hubungannya dengan masyarakat.

Secara khusus, Komatsu telah mengartikulasikan visi dan misinya sebagai tujuannya, bersama dengan nilai-nilai yang dianutnya. Identitas perusahaan juga memasukkan berbagai hal yang telah dibuat selama sejarah perusahaan: prinsip-prinsip pendirian, Komatsu Way, Pedoman Perilaku Bisnis Komatsu di Seluruh Dunia (Komatsu Worldwide Code of Business Conduct), serta strategi-strategi yang meliputi  rencana manajemen jangka menengah. Lebih jauh, Komatsu telah membuat brand promise (tagline) “Menciptakan nilai bersama” (Creating value together).

Seiring dengan semakin terdiversifikasinya dunia bisnis dan pemangku kepentingannya, Komatsu akan berusaha untuk memenuhi janji ini melalui operasi globalnya.

 Luncurkan proyek kontribusi sosial

Dump truck tambang Komatsu (Foto: Komatsu)

Komatsu mendefinisikan CSR sebagai kegiatan-kegiatan untuk merespon tuntutan-tuntutan sosial melalui bisnis inti, dan bekerja untuk pertumbuhan berkelanjutan bersama masyarakat dengan menyelesaikan masalah-masalah ESG. Untuk itu, perusahaan ini meluncurkan “One World One Komatsu”, platform global pertama Komatsu yang dapat diikuti oleh semua karyawan grup di seluruh dunia.

Platform eksklusif ini dapat mengkonsolidasikan upaya-upaya sukarela dan sederhana dari setiap peserta di bawah tema kelestarian lingkungan menjadi berbagi ke seluruh kelompok. Hal ini memungkinkan untuk login dengan mudah dari PC dan ponsel pintar dan melampaui batasan nasional dan bahasa.

Dengan demikian, platform ini menghubungkan semua karyawan grup di seluruh dunia, memupuk rasa persatuan untuk grup saat mereka bekerja untuk tujuan bersama, dan mempromosikan aktivitas-aktivitas yang dirancang untuk bumi yang berkelanjutan.

Film peringatan 100 tahun “Komatsu in 203X”

Hydraulic Excavator PC 195 LC, salah satu produk Komatsu yang diproduksi oleh PT Komatsu Indonesia (Foto: KI)

Demi tujuan menciptakan tempat kerja yang aman, sangat produktif, cerdas, dan bersih pada masa mendatang, Komatsu memproduksi film peringatan 100 tahun “Komatsu in 203X”. Film ini menggambarkan tempat kerja pada masa depan sesuai keinginan perusahaan dalam 10 hingga 20 tahun dengan fokus pada lima tempat kerja: pertambangan, konstruksi, kehutanan dan pertanian, mesin industri dan produksi.

Dengan mendigitalisasikan lokasi-lokasi kerja di seluruh dunia dan menghubungkan orang-orang, mesin-mesin, dan berbagai material pada platform terbuka, Komatsu akan menyelesaikan berbagai masalah langsung di lokasi dan mengoptimalkan operasi-operasi di lokasi, meningkatkan level penggunaan alat berat, dan menciptakan lingkungan yang netral karbon.

Selain itu, Komatsu akan memperbarui Komatsu-no-mori di Kota Komatsu, Prefektur Ishikawa. Komatsu membuka Komatsu-no-mori pada tahun 2011 sebagai bagian dari proyek peringatan hari jadinya yang ke-90. Fasilitas ini merupakan wadah untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam skala global dan sebagai wadah untuk mengasuh anak-anak secara bersama-sama dengan masyarakat-masyarakat sekitar.

Sebagai bagian dari proyek pembaruan yang bertujuan untuk memberikan kontribusi-kontribusi yang berkelanjutan bagi komunitas-komunitas lokal, Komatsu telah mengambil inisiatif baru untuk membuka Paviliun Sejarah Waku-Waku yang dirancang untuk menggerakkan para pengunjung untuk melihat kembali sejarah Komatsu dan melilhat hydraulic excavator super besar PC4000 di samping 930E – satu unit dump truck kelas terbesar di dunia, yang telah ada sejak tahun 2011.

Komatsu berharap Komatsu-no-mori akan terus menawarkan peluang-peluang aktif kepada komunitas-komunitas lokal dengan menarik banyak pengunjung, membantu mereka menjadi tertarik pada bidang manufaktur dan alam, serta mempelajari teknologi-teknologinya. (Sumber: Komatsu)

Related posts

005846
Users Today : 2050
Views Today : 11610
Total views : 159050
Who's Online : 140
Your IP Address : 3.235.223.5
Server Time : 2021-06-23