34 C
Jakarta
Okt 23, 2020.
Equipment Agriculture Construction Construction EQ Industry Mining Mining EQ Top News

Manitou Telescopic Handler, Satu Alat Banyak Fungsi

PT Indo Traktor Utama memperkenalkan cara kerja baru yang lebih efisien dan produktif dengan memperkenalkan Manitou Telescopic Handler.

Telehandler Manitou bisa juga berfungsi sebagai crane yang mengangkat material ke ketinggian (Dok. ITU)

Efisiensi dalam penggunaan alat berat bisa dicapai karena banyak faktor. Bisa karena desain engine mesin yang hemat bahan bakar, desain job site dan armada serta penggunaan alat yang sesuai dengan spesifikasinya. Selain itu, efisiensi dan produktivitas yang meningkat juga bisa dicapai dengan menggunakan alat yang memiliki banyak kepandaian alias multiguna. Ada mesin yang digunakan untuk satu fungsi saja. Tetapi ada juga alat-alat tertentu yang ternyata bisa diaplikasikan hingga lebih dari lima pekerjaan sekaligus alias multi-guna. Itu berarti satu jenis alat dapat digunakan untuk beragam aplikasi.

Salah satu contoh mesin yang multi-fungsi adalah produk telescopic handler (telehandler) Manitou, yang di Indonesia diageni oleh PT Indo Traktor Utama. Sebagaimana dijelaskan oleh M. Reza  Pahlevi, Sales Head Manitou di PT Indo Traktor Utama, telehandler adalah suatu mesin yang dapat digunakan untuk mengambil, mengangkat, memindahkan serta menempatkan material. Di job site, unit ini bisa digunakan untuk berbagai macam aplikasi.

Telescopic handler Manitou sendiri, kata Reza, menggunakan berbagai macam attachment  untuk beragam aplikasi yang dibutuhkan para pelanggan. Secara garis besar ada tiga aplikasi telehandler. Pertama, telehandler digunakan untuk material handling, seperti membawa dan mengangkat material dengan menggunakan attachment garpu (fork). “Biasanya attactment fork ini digunakan pada pekerjaan logistik, pertambangan, konstruksi. Di segmen penambangan, peralatan kerja ini dapat juga digunakan sebagai tyre handler untuk menggantikan ban-ban besar pada heavy duty truck maupun loader,” terangnya saat diskusi virtual ‘Optimalisasi Telehandler Sebagai Alat Multifungsi’ yang digelar Majalah Equipment Indonesia, Selasa (11/8).

Aplikasi kedua adalah pada elevated positioning. Dengan jangkauan yang sangat tinggi, telehandler bisa menempatkan beberapa material di ketinggian. Biasanya digunakan untuk logistik atau pergudangan (warehousing).  Bisa juga digunakan  sebagai man lift. “Untuk elevated positioning ini penggunaannya sendiri bisa berfungsi sebagai crane. Jadi, attachment ini bisa kita ganti dengan jib hook. Jadi, telehandler Manitou ini dapat mengangkat hampir sama seperti fungsi crane,” ujar Reza.

Telehandler Manitou beroperasi dengan aplikasi bucket (Dok. ITU)

Aplikasi ketiga adalah untuk pekerjaan loading  & unloading. Untuk menjalankan fungsi ini, attachment yang digunakan bisa menggunakan bucket. Biasanya diaplikasikan pada agrobisnis, industri dan sebagainya. Telehandler Manitou juga bisa menggunakan attachment sweeper (penyapu) sehingga bisa dipakai perawatan jalan atau pembersih jalan.

Dengan berbagai aplikasi telehandler Manitou tersebut, jelas unit ini merupakan sebuah solusi untuk efisiensi biaya (cost-effective solution). Satu unit telehandler mampu melakukan berbagai tugas penanganan material (material handling) dengan cara menggantikan attachment-nya. Penggantian attachment sendiri juga relatif cepat dan mudah. “Hanya kurang dari satu menit dapat mengganti attachment. Misalnya, kita menggunakan fork, kemudian beralih ke bucket. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih satu menit,” ujarnya berpromosi.

Benefit lainnya adalah untuk mengambil dan membawa (pick and carry). Kegunaan sebenarnya telehandler memang untuk mengambil, mengangkat dan memindahkan serta meletakkan material dengan pergerakan yang cukup cepat.

Telehandler juga memiliki kemanpuan untuk menjangkau berbagai halangan yang ada (reach through an obstacle). “Jika terjadi halangan dalam material handling, alat ini tetap dapat menjangkaunya dengan jangkauan yang disesuaikan dengan pekerjaan yang ada. Jika di depan terdapat rintangan, boom bisa menjangkaunya sehingga bisa membawa atau pun meletakkan material di ketinggian,” ungkapnya.

Keunggulan Manitou

M. Reza Pahlevi, Sales Head Manitou di PT Indo Traktor Utama, saat menjelaskan tentang keunggulan Telehandler Manitou dalam acara zoom webinar bertajuk “Optimalisasi Telehandler Sebagai Alat Multifungsi” yang diselenggarakan oleh Equipment Indonesia, Selasa (11/08)

Lantas apa keunggulan telehandler Manitou itu sendiri? Manitou sebagai sebuah perusahaan alat berat sudah eksis 75 tahun. Kantor pusatnya ada di Ancenis Prancis dan memiliki 11 pabrik di 5 negara yaitu Prancis, Italia, Amerika, India dan China. Manitou adalah perusahaan multinasional yang memang khusus membuat material handling. Setidaknya perusahaan ini memiliki 400 model unit. Untuk telehandler sendiri tersedia dalam berbagai model mulai dari 2,5 ton hingga 35 ton, dengan daya jangkauan bisa mencapai 21 meter.

Dari sisi range, setidaknya ada empat jenis produk telehandler Manitou. Pertama, Manitou MT-X625 yang memiliki postur yang compact. Model ini biasa digunakan dengan attachment fork, bucket, jib hook dan sweeper.  Kedua, Hi-range Machine. Ada dua tipe, yaitu Manitou MT-X1440 dan Manitou MT-X1840. Untuk kedua tipe telehandler ini, attachment yang digunakan adalah fork, bucket, jib hook dan man basket. Tipe ketiga adalah Versatile Machine yaitu tipe Manitou MLT-X741. Attachment yang biasa digunakan adalah fork, bucket, jib hook dan sweeper. Dan tipe keempat adalah Heavy Duty Machine. Salah satu tipenya adalah Manitou MHT-X860 yang biasa menggunakan attachment fork, bucket, jib hook dan tyre handler. Penggunaannya lebih banyak di segmen mining.

Berbagai tipe telehandler Manitou tersebut diapliasikan untuk berbagai pekerjaan material handling mulai dari segmen industri, pertambangan dan energi, agrikultur dan konstruksi. Dalam pekerjaan konstruksi seperti pembangunan jalan layang,  telehandler Manitou dapat digunakan sebagai man lift. Alat ini juga bisa berfungsi sebagai crane untuk memasukan material ke dalam container karena memiliki jangkauan yang panjang dan jauh. Model yang compact bisa digunakan di dalam ruangan.

Fitur-fitur pilihan

Sudiono Widjaja, Chief Operations Officer PT Indo Traktor Utama

Setidaknya terdapat tujuh fitur menarik yang dimiliki produk-produk Manitou telehandler. Pertama, kabin dengan air conditioning (AC) sehingga operator bisa merasa nyaman. “Kalau operator merasa nyaman, tidak cepat lelah saat bekerja, maka produktivitasnya dijamin lebih tinggi,” ujar Reza.

Kedua, Front Wheel Steering untuk memindahkan satu titik ke titik lainnya. Ada juga fitur Four wheel steering yang digunakan  untuk bermanuver, misalnya di dalam suatu tempat yang sangat sempit.

Ada juga  fitur Crab Steering untuk  mengangkat dan berjalan seperti kepiting. Kemudian, fitur Manitou JSM (Joystick Switch & Move) yang memungkinkan telehandler ini bisa dikontrol dengan satu tangan baik untuk memajukan atau memundurkan boom maupun menaikkan dan menurunkan boom. “Jadi, dengan satu stick ini semua pekerjaan dilakukan cukup dengan satu tangan,” ujar Reza.

Dua fitur yang tak kalah menarik adalah Manitou TCO (Total Cost Ownership) dan Telematics System. TCO memungkinkan customer untuk mengetahui biaya operasional yang dikeluarkan oleh sebuah unit dalam satu hari kerja atau satu minggu, bahkan lebih. Sedangkan, Telematics System berfungsi untuk mengetahui  kondisi unit. Misalnya, apakah unit ini sedang bekerja atau sedang tidak bekerja, dalam kondsi idle ataukah sedang bekerja. Dengan fitur Telematics System juga bisa disetel radius pekerjaan suatu unit. Bila keluar dari radius tersebut akan ada peringatan (alert).

“Jadi, operasi unit lebih aman karena selalu terpantau. Di satu sisi, kita juga mengetahui berapa jam penggunaan dalam satu hari dari  unit tersebut,” jelas Reza.

Sudiono Wijaya, Chief Operations Officer (COO) PT Indo Traktor Utama, menambahkan Manitou Telescopic Handler didesain sebagai alat yang sangat compact dan multi-fungsi. Desain yang compact dan multifungsi tersebut untuk mendukung efisiensi operasional dengan tetap menjaga produktifitas.

“PT Indo Traktor Utama merupakan salah satu agen produk telescopic handler yang boleh dibilang pioner dan memiliki populasi yang cukup besar, dan kami sudah sangat berpengalaman untuk dapat memberikan dukungan dan layanan after sales kepada para customer,” pungkasnya. #

71 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Related posts