34 C
Jakarta
Okt 23, 2020.
Equipment Agriculture Construction Construction EQ Top News

Telehandler Manitou di Mata Para Pelanggan

Telescopic Handler Manitou menawarkan cara kerja baru yang hemat investasi karena memiliki aplikasi yang beragam tanpa mengabaikan produktivitas. Bagaimana pengalaman para customer mengoperasikan Telehandler Manitou?  

Salah satu pelanggan Telehandler Manitou di Indonesia adalah PT Petrolog Indah. Perusahaan yang berdiri sejak 1974 ini bergerak di bidang jasa lifting minyak, transportasi, material handling, earth moving dan hauling. “Hampir 50-60% equipment kami ada di lifting. Salah satunya adalah telescopic handler,” kata Didi Muksin, Branch Manager PT Petrolog Indah dalam seminar virtual tersebut.

Saat ini, lanjut Didi, unit-unit Telehandler Manitou milik Petrolog digunakan oleh perusahaan migas Pertamina Hulu Mahakam yang dulunya bernama Total Indonesia. Perusahaan rental ini mendapatkan kontrak pekerjaan di Pertamina Hulu Mahakam hingga Desember dan akan diperpanjang hingga tiga tahun ke depan.

Menurut Didi, Telehandler Manitou termasuk pionir pada industri migas di Indonesia. Alat ini digunakan, antara lain, untuk menangani produk kerosin dan pekerjaan-pekerjaan outdoor lain dari sejak blok Mahakam dioperasikan oleh Total Indonesia hingga sekarang ini dioperasikan oleh Pertamina Hulu Mahakam.

Petrolog sendiri sudah memiliki telehandler Manitou sejak 2010 atau sudah 10 tahun. Didi menyebut sejumlah alasan mengapa perusahaan itu memilih berinevestasi Telehandler Manitou. Alasan pertama, menurutnya, karena memang telescopic handler asal Prancis ini multi-fungsi. “Telehandler Manitou memiliki fitur-fitur yang cocok untuk mendukung pekerjaan klien-klien kami. Mesinnya stabil dan manuvernya juga terbilang oke,” ujarnya meyakinkan.

Didi bercerita, kadang-kadang ada klien yang membutuhkan wheel loader. Tetapi, kepada klien itu, timnya mengatakan bahwa hanya dengan menggunakan attachment bucket, fungsi wheel loader sudah bisa diambil-alih oleh telehandler. Atau untuk tujuan menaikkan atau menurunkan material, tinggal mengganti attachment telehandler dengan fork lift. “Inilah yang membuat customer kami merasa oh ini lho solusi dengan satu mesin dari Petrolog tetapi multi fungsi,” ungkapnya.

Alasan lain yang tak kalah penting mengapa Petrolog berinvestasi Telehandler Manitou adalah biaya operasi yang relatif lebih efisien. “Bagi kami, pemakaian bahan bakar dari unit-unit Manitou sangat masuk akal. Saya cek beberapa kali ke tim saya, pemakaian rata-rata per jam 7-8 liter. Bagi kami, ini sangat bisa membantu menekan cost dan yang lebih penting lagi bagi customer, ini adalah salah satu poin,” ia menambahkan.

Dari sisi perawatan juga, menurutnya, Telehandler Manitou relatif mudah. “Selama ini kami mengerjakan sendiri perawatan karena kami punya mekanik yang cukup handal. Kami merasa tidak ada masalah dengan mesin ini  selama mengoperasikanya secara  benar,” ujarnya.

Krishantoro Hartanto dari PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk mengatakan perusahaan itu menggunakan Telehandler Manitou sekitar 4-5 tahun silam. “Kami mendapatkan banyak manfaat dari Telehandler Manitou karena kegunaannya multi fungsi. Kami menggunakannya untuk pekerjaan unloading dari kontainer, kemudian melakukan loading ke produksi atau untuk mengisi bahan baku. Dengan kehadiran telehandler ini, kami tidak perlu menggunakan banyak alat. Cukup dengan satu telehandler, kami bisa melakukan banyak pekerjaan sesuai kebutuhan aplikasi kami hanya dengan mengganti attachment-nya,” ungkapnya.

Sebelum menggunakan telehandler, perusahaan yang berkecimpung di dunia peternakan dari hulu hingga hilir ini menggunakan beragam jenis alat untuk loading maupun unloading bahan baku, seperti wheel loader, forklift dan excavator. Sejak menggunakan Telehandler Manitou, semua fungsi mesin-mesin tersebut sudah bisa dilakukan oleh satu alat. Misalnya, penggunaan loader untuk mengisi bahan baku  ke dalam intake sudah diambil alih oleh telehandler dengan menggunakan bucket. Penggunaan excavator untuk menaikkan bahan baku juga sudah bisa dilakukan dengan menggunakan telehandler karena jangkauannya lebih panjang.

Selain itu, lanjut Krishantoro Hartanto, PT Japfa Comfeed Indonesia menggunakan Telehandler Manitou sebagai crane dan man platform untuk mengangkat para pekerja yang melakukan pekerjaan maintenance di tempat-tempat yang cukup tinggi. 

Kelebihan lain dari mesin telehandler, menurutnya, adalah sangat mudah bermanuver di lokasi kerja, termasuk di area yang sempit sekalipun. Unit-unit Telehandler Manitou memiliki Crab Steering yang sangat membantu maneuver di medan sempit dan off road. Berkat Crab Steering ini, operator akan mendapatkan  sudut terbaik untuk bermanuver dengan traksi terbaik.

PT Prima Sarana Mustika, yang eksis sejak tahun 2014, khusus menyediakan unit-unit telehendler Manitou untuk disewakan. Jumlah alat-alat yang disewakan saat ini sebanyak 18 unit dan tiga tipe. Perusahaan ini sudah membuktikan performa mesin-mesin telehandler Manitou pada berbagai proyek, seperti konstruksi gedung kedutaan besar salah satu negara sahabat di Jakarta, pembangunan ruas jalan tol di Batang (Jawa Tengah), proyek PLTU di Tangerang serta untuk  support pada perusahaan minyak di Balikpapan (Kalimantan Timur).

“Salah satu keunggulan telehandler Manitou adalah kegunaannya yang multi fungsi, dapat diaplikasikan di berbagai sektor. Kami sebagai perusahaan rental sangat diuntungkan dengan hal ini,” kata Zain Ahmadi dari PT Prima Sarana Mustika.

Ia menuturkan, selama 6 tahun memakai produk Telehandler Manitou relatif tidak banyak masalah. Mesin-mesin Manitou memiliki durabilitas yang cukup teruji. “Biasanya alat berat dalam tiga tahun pertama sudah mengalami masalah. Tetapi, selama 6 tahun menggunakan unit-unit Telehandler Manitou, kami hanya mengeluarkan biaya untuk penggantian oli, filter dan ban. Itu pun setelah 6 tahun pemakaian.  Bahkan selama 6 tahun, alat-alat ini belum melakukan servis overhaul baik engine, transmisi maupun axle,” ujar Zain.

Untuk urusan perawatan, kata Zain, dia tidak perlu repot karena PT Indo Traktor Utama sebagai dealer mendukung penuh operasi alat-alat ini. “Saya tidak perlu inves tim mekanik, karena maintenance dilakukan oleh dealer. Saya cukup mengirim alat dan operator, kemudian urusan perawatan dilakukan oleh dealer di cabang-cabang terdekatnya,” ujarnya.

Sediakan servis terbaik

PT Indo Traktor Utama telah mengageni Telehandler Manitou selama lebih dari 20 tahun, dan dengan pengalaman tersebut perusahaan ini yakin dapat memberikan support yang terbaik kepada para pelanggannya. Sebagai dealer tunggal Telehandler Manitou di Indonesia, perusahaan ini memberikan servis terbaik dengan standar yang sama kepada para pelanggan. “Tidak ada perbedaan regulasi jika customer ingin memindahkan unit-unitnya dari satu daerah ke daerah yang lain,” kata Reza.

Salah satu key point Telehandler Manitou adalah kemudahan akses dan kemudahan maintenance. “Di dalam unit-unit Manitou, apabila terjadi kebutuhan penggantian hose ataupun hydraulic pipe, misalnya, hal tersebut dapat dilakukan secara independen tanpa harus membawa unit ke workshop,” Reza menjelaskan.

Saat ini PT Indo Traktor Utama memiliki 6 cabang dan 22 site office. Menurut Reza, tenaga mekanik dan spareparts tersedia di semua cabang dan site office. Untuk fasilitas kontrol produk, terbagi dalam tiga kategori. Pertama, dukungan teknis yang berlaku selama unit masih beroperasi. Kedua, dukungan suku cadang yang tersedia selama 15 tahun terhitung dari unit terakhir diproduksi dan apabila melebihi waktu tersebut, maka suku cadang tetap dapat di-order dengan custom order. Ketiga, dukungan pelatihan bagi para operator atau teknisi yang menangani unit, yang berlaku selama unit masih beroperasi.

Untuk menjamin kepuasan customer, Manitou sebagai perusahaan global di bidang material handling dan market leader untuk segmen produk telehandler, selalu terbuka terhadap usulan-usulan ataupun perbaikan dan adaptasi desain untuk menyesuaikan dengan kondisi operasional unit. Reza mencontohkan salah satu improvement yang dilakukan pabrikan asal Prancis itu saat ini adalah pergerakan boom dan maju mundur unit dapat dikontrol hanya dengan satu stick yang dinamakan JSM (Joystick Switch and Move).

Contoh lainnya adalah aplikasi di sektor pertambangan. Populasi Manitou di sektor pertambangan saat ini dominan yang dioperasikan sebagai unit support. Untuk membantu kelancaran operasi mesin-mesin tambang raksasa, Manitou mengembangkan attachment seperti Tyre Handler untuk penggantian ban pada Heavy Duty Dump Truck; Cylinder Handler untuk memudahkan penggantian hydraulic cylinder pada unit-unit excavator dan big digger; dan  Man Platform untuk memudahkan akses dan mobilisasi para pekerja dalam pekerjaan di ketinggian.

“Variasi attachment pada Telehandler Manitou memungkinkan unit-unit ini mempunyai kapabilitas untuk menangani pekerjaan-pekerjaan di sektor pertambangan,” Reza menyimpulkan.

(Untuk informasi lebih lanjut tentang ketersediaan suku cadang, silahkan mengirimkan email ke: parts@indotraktor-utama.co.id atau menghubungi Parts Head PT Indo Traktor Utama Sdr M. Heri Sunaryo + 62 813 7111 5533)

56 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Related posts