34 C
Jakarta
Okt 23, 2020.
Equipment Mining Mining EQ Press Release Top News

Volvo CE Indonesia Meluncurkan Sistem Telematics Modern

Demi menyempurnakan layanan yang kian menunjang produktivitas pelanggan, Volvo CE memperkenalkan CareTrack, Volvo ACTIVE CARE, dan Volvo Co-Pilot dengan Haul Assist dan Load Assist.

Mengusung semangat optimalisasi layanan kepada pelanggannya, Volvo Construction Equipment (Volvo CE) kini menghadirkan Volvo Connected Services di Indonesia. Volvo CE mengenalkan sistem telematics cerdas CareTrack dan Volvo ACTIVE CARE dengan tampilan antar muka canggih Co-Pilot.

CareTrack merupakan layanan gratis selama dua tahun bagi pelanggan yang menggunakan articulated hauler, wheel loader seri H, dan excavator EC350DL hingga EC950EL.

Perusahaan konstruksi asal Australia, Macmahon Holdings telah lebih dulu menjajal ACTIVE CARE pada salah satu armada Volvo CE mereka di Indonesia.

Sekitar 300 unit Volvo CE telah terhubung dengan sistem telematics canggih besutan Volvo CE, CareTrack, per Juni tahun ini.

Lebih mudah dengan telematics

CareTrack bekerja dengan mengumpulkan informasi mesin, memperingatkan pelanggan dengan kode alarm serta memberikan informasi data armada yang lebih detail secara daring.

Pelanggan dapat menghubungkan armada mereka dengan Volvo ACTIVE CARE. Layanan ini nantinya akan menyuguhkan informasi yang paling dibutuhkan pelanggan seperti monitoring alat, laporan penggunaan armada tiap minggu, efisiensi bahan bakar, produktivitas, bahkan analisis armada.

“Dengan Volvo ACTIVE CARE, pelanggan tidak perlu repot memantau CareTrack karena ada staf di Volvo Uptime Center yang akan bekerja sebagai tangan kanan Anda. Dari jarak jauh, mereka akan menerjemahkan fault code yang menjadi penyebab terjadinya gangguan dan akan memberitahu pelanggan jika diperlukan tindakan penting,” jelas Erwin Budi, Key Account Director Volvo CE Indonesia, dalam jumpa pers virtual, Selasa (4/8).

 “Pelanggan dimanjakan dengan banyak keuntungan berkat sistem ini. Misalnya, gangguan yang muncul dapat terselesaikan secara cepat dan tanpa kendala, bahkan sebelum masalah tersebut menjadi semakin parah. Tentu saja, uptime mesin senantiasa terjaga.”

Tidak berhenti sampai di situ saja, Volvo ACTIVE CARE juga membantu tugas fleet manager dalam menentukan langkah yang diperlukan demi produktivitas yang terus meningkat, namun dengan biaya yang tetap terkontrol. Volvo ACTIVE CARE mengirimkan laporan kepada pelanggan setiap minggu. Penjelasan seputar penggunaan mesin dan contoh pengoperasian yang keliru pada armada atau kondisi setiap mesin akan dilaporkan secara teliti dan mudah dimengerti.

 Produktivitas melesat pesat

Volvo Co-Pilot yang disematkan pada articulated hauler dan wheel loader seri H diyakini sangat menguntungkan pelanggan di Indonesia. Bagaimana cara kerjanya?

Budi menjelaskan, setelah Volvo Co-Pilot aktif, pergerakan alat berat ditampilkan secara tepat pada layar sentuh 10 inci beresolusi tinggi yang terdapat di dalam kabin, dengan bantuan relay sensor informasi real time. Bahkan, operator paling kompeten sekali pun mengakui keunggulan fitur ini karena dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan aman, akurat, dan cepat, sekaligus makin meningkatkan keterampilan mereka.

Keistimewaan lain yang ditawarkan Volvo Co-Pilot adalah akses data informasi jarak jauh dengan media penyimpanan berbasis cloud. Fleet manager nantinya dapat dengan mudah membuat laporan secara manual kapan pun atau menjadwalkannya secara otomatis secara harian atau mingguan.

“Operator mampu meningkatkan keamanan, efisiensi, dan produktivitas pekerjaan mereka berkat Volvo Co-Pilot. Kami sungguh tidak sabar untuk memperkenalkan teknologi modern ini pada pelanggan kami di Indonesia,” ujar Budi dengan antusias.

Pengoperasian kian optimal

Volvo Co-Pilot dengan Haul Assist semakin diperkuat dengan fitur On-Board Weighing yang memastikan hauler dapat memindahkan muatan secara optimal pada tiap siklusnya. Indikator tampilan visual yang mudah dipahami membantu operator untuk mendapatkan beban muatan yang tepat. Hasilnya, produktivitas kian meroket tanpa harus boros bahan bakar dan tetap menjaga mesin agar tidak cepat aus.

Jika pelanggan mengkhawatirkan hal-hal berbahaya yang mungkin terjadi di situs kerja karena visibilitas yang terbatas, Volvo Co-Pilot adalah solusi yang tepat berkat peran penting fitur Map yang menampilkan lokasi GPS alat-alat berat lain di lapangan serta notifikasi yang akan senantiasa mengingatkan operator ketika kecepatan tempuh melampaui batas.

Bersama dengan Load Assist dan On-Board Weighing, aplikasi Operator Coaching berfungsi mengarahkan sejauh mana performa operator dalam meningkatkan produktivitas dan menjaga efisiensi, serta membantu mereka memperbaiki teknik kerja.

“Hadirnya ACTIVE CARE dan Co-Pilot untuk pelanggan di Indonesia adalah bukti nyata dari kesungguhan kami untuk senantiasa memberikan yang terbaik. Kami akan terus membantu pelanggan untuk mendapatkan lebih dari sekadar performa mesin yang hebat, namun juga bagaimana mendulang lebih banyak keuntungan dan kesuksesan bisnis yang tak terbantahkan,” Budi menyimpulkan. EI

99 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Related posts