Equipment APP.
Business Mining Sponsored Content Top News

GAJAH UTAMA INTERNASIONAL, AUTHORIZED DEALER DUMP TRUCK SANY

Sepuluh perusahaan pertambangan dan konstruksi terkemuka Indonesia menggunakan produk-produk dump truck SANY karena dukungan purna jual yang mumpuni dari PT Gajah Utama Internasional.

Dump truck SANY sedang beroperasi di tambang BUMA (Foto: GUT)

Gajah Utama Internasional (GUT) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan alat berat, khususnya mining dump truck. Perusahaan ini, yang beroperasi sebagai anak usaha dari PT Gajah Unggul Internasional (GUI) Group, hadir karena meningkatnya permintaan pangsa pasar dump truck di tanah air. Fokus utama PT Gajah Utama Internasional adalah mendistribusikan SANY dump truck.

“Sejak awal, PT Gajah Utama Internasional didirikan khusus untuk menjual SANY dump truck, dan produk SANY lainnya seperti Crawler Crane,” kata Suherman, Direktur PT Gajah Utama Internasional dalam perbincangan dengan Majalah Equipment Indonesia pada Jumat (31/3) di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, didampingi oleh Bister Pan­jaitan selaku Vice President Sales & Marketing PT Gajah Utama Internasional.

Memanfaatkan posisinya sebagai Authorized Dealer untuk dump truck SANY, PT Gajah Utama Internasional langsung tancap gas untuk mempercepat pertumbuhan omset penjualannya. Meskipun tergolong pendatang baru, pe­rusahaan ini telah membuat langkah luar biasa dalam hal volume penjualan. Hanya dalam rentang waktu sekitar 2 tahun, perusahaan yang mengusung tagline Together We Build a Better Tomorrow” ini sudah berhasil menjual kurang lebih sebanyak 1000 unit SANY dump truck, bahkan untuk tahun 2023 ini saja, hingga 31 Maret, perusahaan telah menjual ±300 unit truk, dengan target penjualan sebanyak 888 unit.

Ekspansi cepat PT GUT terbukti dengan bertambahnya jumlah tenaga kerja ahli yang sudah mencapai kurang lebih 165 orang. Selain itu, jumlah karyawan terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan penjualan. Sebagai gambaran, setiap 100 unit dump truck yang terjual berarti ter­jadi penambahan 15 karyawan baru, suatu sistem kerja yang mendorong pertumbuhan pesat perusahaan hing­ga seperti saat ini.

“PT GUT berfokus pada pelayanan purna jual (afters sales ser­vice) bukan hanya penjualan unit saja. Karena siapapun bisa menjual, tetapi tidak semua dealer mampu memberikan layanan purna jual yang berkualitas dan memuaskan pelang­gan,” kata Bister Panjaitan, Vice President Sales & Marketing PT Gajah Utama Internasional (GUT), mengo­mentari performa penjualan SANY mining dump truck yang ditawarkan oleh perusahaan.

PT Gajah Utama Internasional memasarkan SANY dump truck dengan berbagai kapasitas, mulai dari 20 ton hingga 150 ton. Model-model yang ditawarkan sangat beragam, seperti Wide Body Dump Truck (SKT80S, SKT90S dan SKT105S), Com­mon Dump Truck (SYZ320C-8W(R), SYZ326C-8W (R), SYZ331C-8W(R) dan SYZ440C-8W(R)), serta Off-Highway Truck (OHT) SRT95C.

Segmen pasar utama untuk SANY dump truck di Indonesia adalah tam­bang batu bara dan pertambangan mineral. “Dari ±1000 unit truk yang terjual pada tahun 2022, mayoritas tersebar di Sulawesi dengan jumlah mencapai sekitar 500 unit. Semen­tara itu, sisanya terjual di sektor pertambangan di Kalimantan dan Su­matera,” kata Bister.

Untuk pekerjaan overburden di tambang batu bara, truk-truk SANY dirancang khusus dengan kapasitas mu­lai dari 20 ton hingga 115 ton. Namun, SANY juga telah mengeluarkan OHT dengan kapasitas yang lebih besar, yaitu 150 ton, yang mampu menangani pekerjaan yang lebih berat. Sayangnya, alat ini belum tersedia di Indonesia, dan dijadwalkan baru akan tersedia pada akhir tahun 2023.

Baca Juga :  2022, Masa Keemasan Bisnis Alat Berat

PT GUT menyatakan bahwa kehadiran truk-truk SANY telah disambut antusias oleh pasar. Terlebih lagi, kebutuhan dump truck di Indonesia masih sangat tinggi dan SANY menyediakan beragam varian produk sehingga dapat terserap di berbagai sektor. Unit-unit dump truck yang dipasarkan dapat beroperasi di berbagai sektor seperti tambang batu gunung, pabrik semen, tambang nikel, bauksit, emas dan batu bara, hingga perkebunan kelapa sawit. Dari segi penjualan, saat ini sektor batu bara masih menjadi sektor yang paling banyak memesan dump truck dari SANY. Tetapi tidak tertutup kemungkinan bahwa sektor nikel akan bisa melampaui target batu bara. Se­lain itu, sektor lain seperti tambang semen juga mulai tertarik pada produk-produk SANY.

Menurut laporan penjualan, demand untuk dump truck saat ini masih sangat besar di pasaran, yang tercermin dalam pencapaian total penjualan rata-rata 100 persen dari target yang ditetapkan oleh PT GUT, bahkan target tersebut melebihi target setiap bulannya. Hal ini menunjukkan antusiasme pasar yang kuat terhadap produk-produk dump truck SANY di Indonesia. Se­banyak 10 perusahaan terkemuka di sektor konstruksi dan pertambangan di Indonesia saat ini menggunakan truk-truk SANY. PT GUT juga menyatakan bahwa keberhasilan ini merupakan bukti konkret dari penerimaan pasar yang sangat baik terhadap produk-produk dump truck SANY.

Ready stock di Indonesia

Tim GUT saat peresmian kantor Cabang Banjarmasin.

Pasca pandemi COVID-19, industri alat berat Indo­nesia mengalami berbagai tantangan, terutama dalam hal rantai pasok. Tingginya permintaan alat berat di tengah kenaikan harga batu bara menimbulkan tantangan tersendiri untuk memenuhi permintaan para pelanggan. Keterbatasan stok alat berat terjadi akibat terhambat­nya proses pengiriman dari pabrik karena problem rantai pasok dan gangguan logistik.

PT GUT mengungkap­kan, salah satu keunggulan utama SANY adalah keterse­diaan produk ready stock di Indonesia. Dalam waktu singkat, hanya dalam tempo 30 hari, perusahaan dapat memasok truk-truk dalam jumlah besar dan mengir­imkannya kepada para cus­tomer.

Saat ini, stok unit dump truck SANY yang tersedia melebihi 200 unit, terdiri dari 140 unit SANY SKT dan 150 unit SANY SYZ. Bahkan, pasokan bulanan dump truck SANY selalu berada dikisaran angka 200 hingga 250 unit. Persediaan yang melimpah ini terjadi karena perusahaan rutin men­datangkan 150 unit truk setiap bulannya.

Unit-unit SANY terse­dia tidak hanya di wilayah Jakarta, tetapi juga terse­bar di seluruh cabang PT GUT di Indonesia. Di Jakarta, unit-unit tersebut tersedia di dua lokasi yaitu Marunda dan Kali Baru. Sedangkan di wilayah Kalimantan, cabang Samarinda dan Banjarmasin menjadi tempat tersedianya unit dump truck SANY. Dalam upaya menjaga keterse­diaan stok, PT GUT terus memantau penjualan unit di setiap cabang. Jika stok unit telah habis terjual, perusa­haan akan langsung mengirimkan unit baru dari Jakarta. Hal ini menjamin rantai pasokan tetap terjaga dan unit SANY selalu tersedia bagi pelanggan-pelanggan yang membutuhkannya.

Jika dilihat dari aspek produk, SANY mempunyai sejumlah keunggulan yang menjadikannya pilihan yang tepat. Truk-truk SANY menawarkan total cost yang lebih rendah dibandingkan dengan produk-produk sejenis dari merek lain. Konsumsi bahan bakarnya sangat efisien se­hingga dapat menghemat biaya operasional. Selain itu, truk-truk ini dirancang agar mudah dioperasikan (user-friendly).

Baca Juga :  Alasan Berinvestasi di Indonesia

Dalam aspek performa, produk-produk SANY menawarkan tingkat produktivitas yang tidak kalah dengan merek-merek terkenal lainnya. Meski faktor-faktor seperti desain mesin, operator, dan kondisi lingkungan memengaruhi tingkat produktivitas, salah satu faktor penting yang membuat performa OHT SANY mencapai level yang tinggi adalah penggunaan mesin dan beberapa komponen utama buatan Amerika Serikat. SANY berhasil memaksimalkan potensi produknya dengan hanya meng­gunakan kulit luar dari produsen China, sementara mesin penggeraknya menggu­nakan mesin Cummins dan transmisi Allison, dua produk kelas dunia buatan Amerika Serikat.

Sejumlah pelanggan penting memberikan testimoni positif men­genai produktivitas alat angkut berat merek SANY. Beberapa pelanggan mengon­firmasi mereka tidak perlu menunggu waktu lama untuk menca­pai break event point (BEP) setelah membeli produk-produk SANY. Bahkan, ada customer yang mengaku berhasil mendapat cuan hanya dalam kurun waktu satu tahun. Harga dump truck SANY yang sangat kompetitif juga men­jadi salah satu keung­gulan tersendiri. Selain itu, SANY menggunakan komponen-komponen berkualitas tinggi untuk produk-produknya.

Layanan purna jual prima

PT Gajah Utama Internasional menawarkan dump truck SANY dengan dukungan layanan purna jual yang terbaik. Foto: GUT

PT Gajah Utama Internasional (GUT) menawarkan dump truck SANY dengan dukungan layanan purna jual yang terbaik. Selain menyediakan suku cadang (spare parts), perusahaan ini juga menyediakan tim teknisi dan mekanik yang handal, baik yang ditempatkan di kantor-kantor cabang maupun langsung di lokasi kerja pelanggan. Untuk memastikan kepuasan customer, GUT Team yang berada di setiap kantor cabang memberikan full support untuk after sales. Dengan dukungan tim teknisi dan mekanik yang handal, perusahaan ini mampu menangani masalah-masalah yang timbul dengan cepat dan efektif, bahkan pada hari yang sama.

PT Gajah Utama Internasional memiliki headquarter di Palembang dan head office di Jakarta. Saat ini ter­dapat dua kantor cabang yang berdiri di Samarinda (Kalimantan Timur) dan Banjarmasin (Kalimantan Selatan). Tak hanya itu, perusahaan ini memiliki workshop yang berlokasi di Kali Baru dan Marunda, yang semuanya be­rada di kawasan Jakarta Utara.

Untuk meningkatkan jangkauan bisnisnya, PT GUT sedang merencanakan pembukaan cabang-cabang baru di beberapa wilayah strategis di Indonesia, seperti Jambi, Muara Teweh di Kalimantan Tengah, Berau di Kalimantan Timur, dan beberapa daerah di Sulawesi. Dalam tahun ini, perusahaan ini menargetkan pembukaan 5 hingga 7 cabang baru.

Kehadiran cabang-cabang PT Gajah Utama Internasional di dekat lokasi-lokasi tambang telah memperoleh re­spons yang sangat baik dari para pelanggan. “Kehadiran cabang Banjarmasin dapat memudahkan kami baik untuk pembelian maupun untuk layanan purna jual,” kata Saut Simatupang, Manager Operasional Tempirai Grup yang terletak di Kapuas saat peresmian cabang Banjarmasin baru-baru ini.

Testimoni serupa disam­paikan Direktur PT Levine Lat­ersia Barata­ma, yang ber­lokasi di Ran­tau dan Sungai Danau, Raga. “Sebelumnya kami sudah memiliki 19 unit alat berat merek SANY, dan semoga dengan kehadi­ran kantor di Banjarmasin, kecepatan layanannya se­makin mening­kat,” ucapnya berharap.

Begitu juga Aly The dari Sinergi Multi Usaha, salah satu kontrak­tor Antang Gunung Meratus, Kandangan. “Saya merasa senang dengan kehadiran SANY di Banjarmasin. Hal ini menandakan bahwa mereka berada semakin dekat lagi dengan para customer. Kami saat ini sudah memiliki 12 unit produk SANY, dan dua unit dump truck kelas 60 ton sedang dalam perjalanan,” ucapnya.

Baca Juga :  Yanmar Akuisisi Kepemilikan Mayoritas ELEO

Untuk menjamin kelancaran operasional dari pelang­gan-pelanggan besarnya, PT GUT menyediakan layanan khusus yakni membangun gudang suku cadang yang leng­kap dengan service engineer, langsung di lokasi kerja pelanggan. “Kami menyediakan gudang suku cadang dan tim teknisi di lokasi kerja pelanggan-pelanggan utama kami dengan sistem kontrak consignment atau Vendor Held Stock (VHS). Ketika unit-unit mereka mengalami kerusakan atau memerlukan suku cadang yang perlu di­ganti, mereka dapat langsung memesan dan menerima suku cadang yang tersedia. Dengan cara ini, para pelang­gan hanya perlu mengirimkan PO (Purchase Order) dan spare parts siap dipasok,” ungkap sumber PT Gajah Utama Internasional.

PT Gajah Utama Internasional memberikan beragam insentif layanan untuk setiap pembelian dump truck SANY. Misalnya, untuk pelanggan-pelanggan yang mem­beli lebih dari 40 unit dump truck SANY – tergolong se­bagai big customer – akan disediakan service engineer di lokasi kerja mereka selama 12 bulan hingga 24 bulan sebagai salah satu bentuk layanan purna jual yang ter­baik. Untuk setiap pembelian 10 unit SANY SYZ, pelang­gan dapat memperoleh satu orang tenaga mekanik yang akan berada di lokasi kerja selama satu tahun. Jika pelanggan membeli truk kelas SKT, PT GUT menyediakan satu hingga dua tenaga mekanik gratis atau tergantung kesepakatan yang terjadi dengan sales. Sementara untuk setiap pembelian lima unit Off-Highway Truck SANY SRT, perusahaan akan memberikan empat tenaga mekanik gratis. Semuanya ini sebagai bentuk komitmen perusa­haan untuk men­jaga produktivitas unit-unit SANY yang dimiliki oleh para pelanggan.

Adapun be­berapa kontraktor tambang yang su­dah menjalin ker­ja sama khusus dengan PT Gajah Utama Internasi­onal, antara lain, PT Thiess Con­tractor Indonesia, PT Putra Sarana Transborneo yang beroperasi di site MHU, dan PT Unggul Dinamika Utama (Indexim).

PT Gajah Uta­ma Internasional juga telah meny­iapkan GUT Learning Center di kantor cabang Banjarma­sin, yang akan diluncurkan pada bulan Mei 2023. Fasili­tas ini bertujuan untuk membuka lapangan pekerjaan di daerah area Kalimantan dan melatih tenaga teknisi yang handal bagi para pelanggan. GUT Learning Center ini akan menerima siswa-siswa SMK yang baru lulus dan melatih mereka menjadi teknisi handal yang kemudian akan bekerja menjadi tim teknisi handal brand SANY.

Para pelanggan juga dapat memanfaatkan fasilitas GUT Learning Center untuk mendidik mekanik-mekanik mereka. Perusahaan menambahkan bahwa salah satu SMKN di Banjarmasin telah menjalin kerja sama dengan GUT Learning Center. Keberadaan GUT Learning Center ini diharapkan dapat turut memajukan daerah di mana PT Gajah Utama Internasional beroperasi, hal ini ten­tunya sejalan dengan motto perusahaan: “Together we build a better tomorrow.

Berita Terkait