30.4 C
Jakarta
Oct 18, 2019.
Image default

Hitachi Merilis Excavator EX1200-7 Baru

Hitachi memperkenalkan excavator EX1200-7, yang menawarkan tingkat efisiensi, keandalan dan ketahanan yang lebih tinggi. Excavator merupakan mesin ketiga dalam jajaran seri EX-7 yang dari baru Hitachi, setelah peluncuran EX2600-7 dan EX5600-7 baru-baru ini.

“Tersedia dalam konfigurasi backhoe maupun shovel, EX1200-7 adalah excavator tambang terkecil kami dan juga berfungsi sebagai mesin crossover untuk pelanggan konstruksi,” kata Brian Mace selaku manajer pemasaran dan aplikasi produk, Hitachi Construction Machinery – America, dalam siaran pers perusahaan itu beberapa waktu lalu.

“Mesin serba guna ini menghadirkan kombinasi kekuatan yang luar biasa dan teknologi-teknologi terbaru yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan, baik penggalian skala besar maupun penambangan.”

Berkat teknologi fuel consumption optimization (FCO) dari Hitachi,  total penghematan bahan bakar EX1200-7 sebesar 6% dibandingkan dengan model sebelumnya (EX1200-6) melalui peningkatan engine dan sistem hidrolik.

EX1200-7 menggunakan engine Cummins EPA Final Tier 4 yang efisien bahan bakar dengan DEF. Untuk negara-negara lain yang aturan emisinya lebih rendah, engine Cummins yang menggunakan pengaturan optimasi kalibrasi bahan bakar membantu berkontribusi pada peningkatan efisiensi.

Selain itu, ketika alat dalam kondisi netral, fitur auto-idle (idle otomatis) mengurangi kecepatan engine untuk menghemat konsumsi bahan bakar.

Kapasitas bucket EX1200-7 yang baru ini juga meningkat 4,5% dengan kapasitas 7 m3. Dilengkapi dengan swing control yang dioptimalkan, alat ini juga memiliki sistem hidraulik yang lebih baik dengan katup regenerasi arus  untuk mengurangi kebutuhan daya dari sistem hidraulik dan engine, yang menurunkan konsumsi bahan bakar dan meningkatkan usia pompa.

Untuk kinerja yang andal, undercarriage EX1200-7 memiliki tiga roller atas satu sisi di setiap sisi rangka track yang membantu menjaga jarak track shoe dan mengurangi penumpukan puing-puing.

Selain itu, boom dan arm excavator ini dilas, memanfaatkan desain full-box section untuk mendistribusikan tegangan secara merata dan memberikan kemudahan dalam perawatan. Konfigurasi tekukan rendah yang menggantung dari selang-selang attachment depan meniadakan penggunakan penjepit untuk membantu mengurangi gesekan dan meningkatkan keandalan.

Salah satu opsi baru pada mesin ini adalah sistem pelumasan otomatis (auto-lubrication system) untuk attachment depan, yang memasok pelumas ke struktur atas termasuk bucket pins. Sistem canggih ini didesain ulang dengan tangki gemuk kapasitas besar, pompa gemuk baru, filter gemuk in-line, dan saluran angin dengan filter, yang menghasilkan sistem yang lebih andal dengan downtime yang lebih sedikit.

Desain EX1200-7 dibuat dengan rangka yang bertahan lama yang optimal untuk memastikan alat ini dapat bertahan menghadapi tuntutan operasi apa pun. Dengan kabin yang bertumpu pada dudukan enam titik, bantalan-bantalan elastis yang diisi cairan, daya tahan kabin meningkat secara signifikan karena berkurangnya guncangan dan getaran.

Demikian juga, rangka track tengah menghasilkan dispersi tegangan yang optimal untuk mengurangi kemungkinan kegagalan di area-area dengan tegangan tinggi. Desain track link yang ditingkatkan juga mengurangi kegagalan prematur master pin, sementara kehadiran oil-filled idlers & rollers menghilangkan perlunya melakukan pelumasan setiap hari.

EX1200-7 tidak hanya tangguh dalam bekerja tetapi juga memberikan kenyamanan maksimal saat menyelesaikan pekerjaan itu. Pendingin udara dengan pengontrol suhu kabin bertekanan membantu mengatasi kondisi lingkungan yang ekstrem, dan kursi operator dirancang khusus untuk industri pertambangan dengan kursi empuk yang dapat disesuaikan yang memungkinkan operator menyesuaikan pengaturan suspensi.

Layar multi fungsi yang besar menyajikan informasi-informasi mesin yang penting yang dilengkapi dengan lampu latar LED untuk meningkatkan kejernihan dan mengurangi pantulan cahaya reflektif. Layar pelindung matahari dan layar gulung opsional juga membantu memberikan kenyamanan maksimal.

EX1200-7 juga menyediakan opsi Aerial Angle, yang populer di kalangan pelanggan dan berfungsi sebagai sistem penglihatan 360°. Sistem ini membantu dengan memberikan peringatan mengenai lingkungan di sekitar peralatan melalui monitor layar yang menggabungkan serangkaian gambar yang ditangkap oleh kamera-kamera yang diposisikan di berbagai lokasi yang berbeda di sekitar mesin.

Penasaran dengan mesin tambang anyar ini, Anda harus bersabar karena EX1200-7 akan tersedia untuk pasar Amerika Serikat, Kanada, Amerika Latin dan Brasil. Ekskavator Seri EX-7 Hitachi diproduksi di Jepang. Untuk informasi lebih lanjut tentang EX1200-7, silahkan mengunjungi www.HitachiConstruction.com.

Related posts

Next Generation Excavator Caterpillar Dengan Garansi Bahan Bakar

William Syukur

Rutan Group Tawarkan Solusi Mekanisasi Terintegrasi

Cummins Stage V Engines di Bauma 2016