26.2 C
Jakarta
24 Jan, 2021.

Liebherr Mining & VA Erzberg Bangun Kemitraan Inovatif

VA Erzberg hendak mengelektrifikasi jalur angkut utama lokasi tambang bijih besi Erzberg miliknya di Austria dan mengoperasikan sebuah armada truk T236 buatan Liebherr mulai tahun 2021.

Truk tambang Liebherr T236 yang terkoneksi dengan rangkaian jalur listrik overhead VA Erzberg (Foto: Liebherr)

Di Bauma 2019, VA Erzberg dan Liebherr telah menyelesaikan kontrak pengembangan sistem bantuan troli (Trolley) untuk T236 (truk tambang 100t). Sejak itu tambang bijih besi itu telah menguji truk diesel-listrik tersebut di Austria. Truk tersebut dimodifikasi untuk beroperasi dengan saluran listrik yang terpasang di atas jalurnya yang dihubungkan melalui pengumpul arus dengan tiang-tiang yang terpasang di jalur uji coba sepanjang 500 m. Upacara peletakan batu pertama jalur troli sepanjang 5 km berlangsung pada 29 September 2020.

“Hingga saat ini, pengangkutan lebih dari 13 juta ton batuan per tahun telah membutuhkan energi dalam jumlah yang sangat besar, sekitar 4,5 juta liter solar per tahun. Beroperasinya truk baru ini di Erzberg untuk menggantikan truk-truk diesel mekanikal diperkirakan akan mengurangi tiga juta liter solar pada masa mendatang,” kata sumber VA Erzberg.

Sejak menandatangani kontrak pengembangan untuk sistem troli pada pameran Bauma 2019, VA Erzberg telah menguji truk diesel-listrik T236 yang dimodifikasi pada tambang bijih besi di Eisenerz, Austria. Uji coba dilakukan pada segmen pengujian sepanjang 500 m.

Bagaimana cara kerjanya? Truk diesel-listrik ini dilengkapi dengan pengumpul arus plus tiang-tiang yang menghubungkan sistem penggerak truk (truck drive system) ke saluran-saluran listrik yang mengalir di atas truk tersebut pada segmen-segmen pengangkutan menanjak untuk bergerak dengan tenaga listrik.

Teknologi inovatif ini memungkinkan track dengan radius kecil dan bahkan dengan tikungan-tikungan tajam. Hal ini juga memungkinkan untuk penggunaan yang lebih luas dari lebar jalan angkut di samping bentangan kabel listrik dibandingkan dengan solusi-solusi pantograf konvensional. Ini penting dilakukan ketika kondisi jalan angkut tidak optimal karena kondisi cuaca misalnya.

“Hanya ada sedikit perusahaan di dunia yang menggunakan teknologi saluran listrik yang membentang di atas truk-truk. Namun, kami segera menyadari bahwa teknologi yang ada tidak akan berhasil untuk kami. Teknologi kami yang baru dikembangkan berbeda dari semua yang sebelumnya tersedia di pasar dalam hal sistem saluran kabel arus di atas truk dan teknologi kendaraan itu sendiri. Teknologi ini hanya dapat dikembangkan dengan mitra kami yang kooperatif dan inovatif, Liebherr Mining di Colmar,” kata Josef Pappenreiter, Direktur Teknis VA Erzberg, dikutip dari Liebherr.com (7/10/2020).

Jalur diperpanjang dengan tantangan baru

Truk tambang T236 sedang melintas pada jalur listrik di tambang besi VA Erzberg

Rangkaian jalur listrik baru yang diperpanjang untuk enam armada Liebherr T236 akan memiliki panjang 5 km dengan bagian atas sekitar 1.055 m di atas permukaan laut.

VA Erzberg akan mengamati bagaimana kondisi-kondisi cuaca akan mempengaruhi saluran-saluran listrik di atas truk-truk tersebut  selama musim dingin di Pegunungan Alpen Eisenerz. Peter Schimek, Manajer Proyek di tambang itu, berujar, “Tantangan lainnya adalah keseluruhan teknik kelistrikan karena keenam unit truk T236 dapat dihubungkan ke saluran-saluran di bagian atas secara simultan di beberapa tempat.”

Menambang secara bertanggungjawab

Saat disambungkan ke saluran listrik overhead dalam mode troli, kapasitas daya penuh motor-motor roda listrik T236 dapat diterjemahkan ke dalam kecepatan di tanjakan saat mesin diesel diam, sehingga mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar.

Dalam jangka panjang, VA Erzberg berharap dapat menghemat sekitar tiga juta liter solar dan 4.200 ton CO₂ per tahun. Selanjutnya, emisi nitrogen oksida dan debu halus juga akan berkurang. (Sumber: Liebherr.com)

Related posts