34.8 C
Jakarta
Nov 26, 2020.
Equipment Mining Mining EQ Top News

Mengenal Lebih Dekat Cat® 14M3 Motor Grader

Berfungsi sebagai mesin pendukung dalam operasi pertambangan, motor grader memiliki peran yang tak kalah penting dalam meningkatkan produktivitas sekaligus menekan biaya operasional.

Cat® 14M3 Motor Grader

Motor grader Caterpillar seri M generasi terbaru, CAT® 14M3, umumnya digunakan di industri pertambangan, baik batubara maupun pertambangan mineral seperti emas, nikel dan timah. Sebagaimana motor grader umumnya, alat ini memiliki dua komponen penting yang terkait dengan fungsi utamanya untuk merawat jalan tambang. Motor Grader mempunyai pisau (blade) di bawahnya yang berfungsi untuk meratakan permukaan tanah. Motor grader juga mempunyai ripper di belakang yang fungsinya untuk menggemburkan tanah. Bila tanahnya keras, ripper digunakan untuk menggemburkannya sebelum diratakan dengan menggunakan blade.

Meskipun hanya berfungsi sebagai mesin pendukung dalam operasi pertambangan, tetapi motor grader memiliki peran yang tak kalah penting dalam upaya untuk meningkatkan produktivitas sekaligus menekan biaya operasional pertambangan.

Motor Grader berperan penting dalam mendukung kelancaran operasional pertambangan, antara lain, mempertahankan dan merawat kondisi jalan di areal pertambangan serta meratakan material sehingga alat-alat berat lainnya dapat beroperasi dengan optimal dan lancar. Jalan raya memiliki peran yang vital dalam operasional tambang dan memiliki korelasi yang erat dengan produktivitas dan upaya efisiensi operasional tambang.

Salah satunya fungsi motor grader adalah mengurangi rolling resistance, yaitu ketahanan terhadap roda saat menggelinding akibat adanya gaya gesek antara roda dengan permukaan jalan. Semakin rata dan mulus permukaan jalan, rolling resistance pun makin rendah. Makin rendah rolling resistance, produktivitas tambang makin tinggi. Sebaliknya, makin tinggi rolling resistance produktivitas tambang pun akan menurun.

Barkah Rahmat,  Product  Manager untuk Mining Motor Grader, Excavator dan Wheel Loader di  PT Trakindo Utama, mengatakan bila rolling resistance meningkat 5%, hal itu dapat mengurangi tingkat produktivitas hingga 10%. “Karena dengan meningkatnya rolling resistance, kecepatan dari truk juga akan berkurang karena jalannya bergelombang atau terjal sehingga truk tidak dapat melaju lebih cepat,” ia menjelaskan.

Rolling resistance yang meningkat 5%, menurut Barkah, juga akan meningkatkan biaya produksi hingga 35%. Kenapa? Karena konsumsi bahan bakar dari truk juga akan meningkat. Hal itu kemudian berpengaruh juga terhadap penggunaan ban. Jalan yang rusak tentu akan membuat ban cepat aus. Selain itu, juga ada banyak komponen pada truk yang akan cepat rusak. Umur transmisi, misalnya, menjadi lebih cepat rusak karena truk lebih sering pindah gigi. Makin sering perpindahan gigi akan mempengaruhi umur transmisi.

Motor grader juga berkontribusi dalam upaya perusahaan untuk meningkatkan keselamatan kerja. Selain meratakan jalan, motor grader juga digunakan untuk merawat tanggul yang ada di sepanjang jalan tambang. Tanggul-tanggul yang terawat secara baik sangat berguna untuk membuat drainase sehingga air tidak tergenang atau mengalir ke jalan tambang. Motor grader juga akan membersihkan tumpukan material yang jatuh dari truk.  Jalan yang bagus tentu membuat probabilitas kecelakaan lebih rendah. EI

Cat® 14M3 Motor Grader

Cat 14M3 Motor Grader saat diperkenalkan pada sebuah pameran di Jakarta beberapa waktu lalu (Foto: EI)

Cat 14M3 Motor Grader sudah beberapa tahun lalu diluncurkan PT Trakindo Utama pada pameran Mining Indonesia di Jakarta. Mesin ini merupakan motor grader seri terbaru dari Caterpillar dengan sejumlah keunggulan dalam hal pengoperasian.

Sebagaimana diketahui, motor grader merupakan salah satu alat berat yang terbilang sulit untuk dioperasikan. Operator yang mengoperasikan alat ini membutuhkan jam terbang yang tinggi, dengan keahlian yang tinggi tentunya. Tetapi Caterpillar, dimana motor grader adalah usaha rintisannya sebelum mendirikan Caterpillar, terus berinovasi. Cat 14M3 relatif tidak sulit untuk dioperasikan. Tak hanya itu, seri terbaru ini juga membuat operator makin nyaman dan santai dalam mengoperasikan sehingga memungkinkan alat ini memiliki produktivitas tinggi.

Cat 14M3 tidak lagi menggunakan steering dan tuas hidrolik. Sebagai gantinya adalah dua joystick di kiri dan kanan. Hal ini meningkatkan visibilitas operator. Dengan daya pandang yang luas operator dapat melihat ujung blade. Pada model terdahulu, penglihatan operator ke area blade masih terhalang oleh steering dan tuas hidrolik.

“Dengan mengubah steering dan tuas hidrolik dengan joystick Cat 14M3 dapat mengurangi pergerakan tangan operator hingga 68%. Kalau biasanya operator grader selalu sibuk, harus lihat ke kanan dan kiri, nah dengan joystick ini dia bisa lebih focus memerhatikan hal lainnya. Dia bisa menggunakan implemen lain hanya cukup dengan dua joystick dengan visibilitas yang bagus,” ujar Barkah.

Efeknya, dengan mengurangi pergerakan operator 68%, hal itu dapat mengurangi tingkat kelelahan operator sehingga dia bisa lebih enjoy dan rileks. “Efeknya dia bisa meningkatkan produktivitas,” imbuhnya.

Cat 14M3 ini juga sudah dilengkapi dengan kamera belakang (rear view camera) untuk meningkatkan keamanan saat pengoperasian dengan memberikan pandangan ke bagian belakang alat berat. “Kalau grader mundur cukup lihat kamera belakang,” ujar Barkah.

Barkah menambahkan ada banyak teknologi baru yang disematkan pada Cat 14M3 ini. Salah satu fiturnya adalah Auto Articulate. Auto Articulate dimaksudkan untuk memudahkan operator mengemudikan grader. “Biasanya kalau grader mau bermanuver, mutar-balik, dia akan menggerakan dua implemen hidrolik, yaitu steering dan juga articulate. Dengan Auto Articulate operator cukup menggerakkan implemen steering silinder saja, articulation akan mengikuti tergantung pada sudut dari bannya,” jelasnya.

Selain itu, ada juga fitur Auto Differential Lock. Fungsi Differential Lock ini adalah mengunci roda kanan dan kiri jika terjadi perbedaan putaran. “Biasanya kalau beroperasi di jalan yang becek, licin, dengan mengaktifkan Auto Differential Lock, roda kiri dan kanan terkunci (lock) sehingga sama putarannya saat alatnya berjalan. Kemudian karena fitur ini otomatis, dia akan bisa off sendiri ketika roda itu berbelok membentuk sudut lebih dari 5 derajat. Ketika lebih dari 5 derajat otomatis differential lock-nya akan mati sendiri. “Ini gunanya apa? Untuk melindungi agar rantainya tidak putus,” ujar Barkah.

Cat 14M3 juga memiliki fitur Shuttle Shifting untuk proses mundur. Biasanya kalau mundur, ada beberapa hal yang harus dilakukan operator seperti menurunkan RPM engine, kemudian menurunkan transmisi dari gigi tiga ke dua, ke satu, netral baru pindah ke mundur. “Dengan fitur Shuttle Shifting opreator cukup memindahkan secara cepat dari maju langsug ke mundur,” ujarnya.

Barkah menambahkan, Cat 14M3 menghadirkan perpindahan transmisi lebih halus dengan adanya sistem Strategi Kontrol Elektronik Produktivitas Tingkat Lanjut (Advanced Productivity Electronic Control Strategy/ APECS).

Cat 14M3 mengusung mesin Cat C13, yang menghasilkan daya lebih tinggi hingga 8% dan peningkatan torsi sebesar 8%. Untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, mode Ekonomis Standar (ECO) membantu mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 5%.

Cat 14M3 hadir dengan struktur tangguh karena rangka (frame) diperbesar dan plat lebih tebal untuk memastikan ketahanan jangka panjang. Motor grader ini memiliki interval penggantian oli lebih panjang, yaitu mencapai 500 jam sehingga menghemat biaya perawatan unit. Perawatan atau perbaikan unit pun dapat diselesaikan secara cepat dan efisien karena area servis mudah diakses. Cat 14M3 merupakan grader 16 ft yang memiliki kompatibilitas dengan truk pertambangan Caterpillar berkapasitas 60-100 ton. EI

120 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Related posts