30.7 C
Jakarta
Feb 18, 2020.
Image default

Tingkatkan Efisiensi Alat Lewat Data Analitik

Belakangan, industri pertambangan sedang diuji oleh harga jual komoditas mineral dan batubara, tuntutan regulasi, reklamasi pasca-tambang, tanggung jawab social hingga masalah keberlangsungan bisnis. Manajemen perusahaan-perusahaan tambang harus berpikir lebih keras agar kinerja dari SDM hingga aset-aset mereka tetap sehat.

Setiap aset saling mempengaruhi. Maintenance alat yang kurang efektif, misalnya, dapat menurunkan performa alat karena sering mengalami downtime dan berakhir dengan produktivitas yang kurang optimal. Efisiensi menyeluruh dalam perusahaan menjadi penting, terutama untuk pengelolaan anggaran biaya yang lebih baik dengan tetap mengarah pada produktivitas yang maksimal.

Data Analitik Sebagai Solusi

Memiliki akses informasi lengkap tentang alat, gudang, dan SDM mampu memudahkan perusahaan dalam proses pengambilan keputusan yang lebih efektif. Namun, proses pengumpulan data merupakan tantangan yang cukup berat, apalagi bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki ratusan bahkan ribuan alat dan SDM.

Digitalisasi laporan setiap aktivitas bisnis mulai dilirik para pelaku industri. Terbukti dari bermunculannya banyak solution company di bidang “data analitik” yang menawarkan solusi teknologi canggih bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki mesin dan alat berat.

Salah satu contohnya adalah amtiss, solution company asal Indonesia yang fokus pada digitalisasi maintenance system untuk alat berat. Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, seperti Kalimantan Prima Persada, Putra Perkasa Abadi, Thriveni dan lainnya telah mengaplikasikan solusi digital dari amtiss demi meningkatkan efisiensi dan produktivitas alat-alat berat perusahaan-perusahaan tersebut.

amtiss menawarkan solusi dalam bentuk aplikasi mobile & web. Aplikasi mobile amtiss pun dibekali fitur-fitur offline mode yang telah disesuaikan dengan kawasan non jaringan dan diperuntukan kepada mekanik dan operator. Dengan menggunakan aplikasi mobile, proses palaporan pun lebih valid dan cepat karena amtiss memfasilitasi pengambilan data secara akurat dan real time, misalnya dengan fitur foto dan geotag. Gap antara operator lapangan dengan level manajerial pun terkikis karena proses request, approval, dan report dapat berlangsung lebih cepat.

amtiss menyediakan data analitik yang dibuat secara otomatis berdasarkan data yang telah di-input menggunakan aplikasi mobile, mulai dari hasil inspeksi alat, performa alat, aktivitas gudang (spare parts), sampai performa mekanik. Data-data tersebut ditampilkan dalam bentuk dasbor analitik agar lebih mudah dimengerti dan dapat membantu sisi manajemen dalam pengawasan terhadap produktivitas, masa pakai, dan prediksi alat sehingga pengambilan keputusan akan lebih cepat dan penyusunan perencanaan maintenance yang lebih efisien.

amtiss juga menyediakan training bagi para user agar dapat memahami penggunaan secara spesifik. Tampilan pada aplikasi mobile dan web amtiss yang user-friendly membuat training dapat dilaksanakan dalam waktu yang singkat.

Dengan model berlangganan tahunan, perusahaan-perusahaan tidak perlu berinvestasi besar di awal dengan tetap mendapatkan garansi pembaharuan berkala, validasi dan keamanan data dari amtiss. Amtiss juga memiliki keunggulan unlimited user, sehingga membantu user untuk dapat mengakses penuh informasi dan meng-update langsung setiap informasi.

Related posts