31.1 C
Jakarta
29 Nov, 2021.

Connected Worker Cat Gabungkan Teknologi Smart Wearable Dengan Kekuatan Analitik Untuk Keselamatan Para Pekerja

Apakah masuk akal untuk menyematkan kemampuan pelacakan dan komunikasi ke dalam alat pelindung diri (APD)?

Cat mengatakan sistem Connected Worker-nya yang  baru, yang akan tersedia pada kuartal pertama tahun 2022, menggabungkan teknologi smart wearable dengan kekuatan analitik untuk membuat para pekerja lebih aman, menurut laporan Equipment World, Rabu (15/9). Sistem ini dikembangkan oleh GuardHat.

Diperkenalkan di ajang MINExpo 2021, Connected Worker ini terdiri dari tiga komponen utama: perangkat keras yang dapat dipakai, perangkat lunak yang menangkap dan melaporkan data, dan platform Internet of Things (IoT) yang menerima laporan-laporan lapangan dan memperingatkan para pekerja tentang potensi-potensi risiko keselamatan. Sistem ini mengomunikasikan perintah-perintah evakuasi, deteksi (benda-benda yang) jatuh, sinyak-sinyal SOS, dan pelanggaran-pelanggaran geofence.

Baterai lithium-ion bertahan 8-12 jam dan dapat dengan mudah diganti. Foto: GuardHat

Bagian “wearable” hadir dalam dua bentuk berbeda: HC1 Hardhat memiliki chip GNSS tertanam yang memberi tahu para pengguna di mana setiap pemakai berada di lokasi. Para pemakai yang menggunakan sistem Ultra-Wideband juga dapat melacak pemakai-pemakai di dalam ruangan, menawarkan pelacakan 3D (garis bujur, lintang, dan ketinggian) untuk menemukan para pekerja dengan cepat dalam keadaan darurat. Topi keras ini memiliki fitur panggilan video dan audio, push-to-talk dan geofence offline dan kemampuan merekam.

Menurut website GuardHat, HC1 Hardhat ditenagai oleh paket baterai lithium-ion belakang yang menyediakan daya 8-12 jam. Pinggiran kuning adalah tempat sebagian besar fitur berada. Tombol-tombol di bagian bawah pinggiran meliputi tombol panggil, volume, SOS, status/resolve, push-to-talk, perubahan saluran dan tombol power. Berat maksimum topi keras ini (dengan suspensi) adalah 1 pon, 12,2 ons.

Label TA1 Pekerja yang Terkoneksi Cat menawarkan GNSS dan pelacakan Bluetooth untuk luar ruang. Foto: Caterpillar

Perangkat wearable lainnya adalah label (tag) TA1, yang menawarkan pelacakan GNSS dan Bluetooth di luar ruangan. Label ini memiliki peringatan-peringatan SOS, evakuasi dan jarak sosial dan memberi tahu para pekerja tentang pelanggaran geofence.

Label ini juga dapat mereka gambar-gambar dan video-video untuk melaporkan bahaya yang secara otomatis dibagikan dengan pusat kendali keamanan (SCS) sistem kepada tim-tim untuk mengembangkan geofence di sekitar area-area yang berbahaya dengan cepat.

Sistem ini, bagian dari portofolio Cat MineStar Detect, juga memiliki aplikasi smartphone Android untuk memantau para kru di luar ruangan. Ini memungkinkan para manajer lapangan untuk berkomunikasi dengan para pekerja, mengeluarkan peringatan SOS, dan dapat menangkap gambar-gambar dan video-video.

Cat mengatakan bahwa Connected Worker menciptakan ekosistem keselamatan di lokasi tambang, menangkap dan menyimpan data — baik di cloud maupun di server lokal — untuk analisis. Dengan menggunakan SCS, para manajer dapat melihat lokasi dan data para pekerja hampir secara real-time untuk mengkomunikasikan situasi tidak aman kepada mereka yang ada di lapangan. Laporan yang dimaksud mencakup pelaporan peristiwa, pelanggaran dan evakuasi darurat, laporan lokasi dengan tanda panas yang menunjukkan area yang sering dilalui, pembacaan sensor yang mencakup suhu, kebisingan, kelembaban dan tekanan. (Sumber: www.equipmentworld.com)

Related posts