27.4 C
Jakarta
31 Jul, 2021.

Liebherr R 9800 – “The Giant Digger” Beraksi di Lokasi Tambang Batu Hijau

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) adalah perusahaan pertambangan Indonesia yang mengoperasikan tambang Batu Hijau. AMMAN memiliki beberapa prospek tembaga dan emas yang paling menjanjikan yang terletak di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tambang Batu Hijau merupakan tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia, dan merupakan aset pertambangan kelas dunia.

PT Liebherr Indonesia Perkasa (PTL) mulai beroperasi di tambang Batu Hijau pada 2019 dengan perakitan backhoe excavator R 9350 pertama, yang diluncurkan pada 11 April 2019, dan diikuti oleh backhoe excavator R 9350 kedua yang diluncurkan pada 19 Mei 2019.

Untuk mendukung aktivitas pelanggannya, Liebherr Indonesia memiliki perjanjian untuk menyediakan layanan di lokasi dan dukungan untuk armada excavator backhoe pertambangan Liebherr milik customer. Tim Liebherr Indonesia di lokasi tambang Batu Hijau saat ini terdiri dari 6 Field Service Technicians yang telah didukung oleh perwakilan Liebherr Mining Product Support, Laurent Fricker, untuk tugas operasional tahun pertama alat berat. Bersama-sama tim, Liebherr telah mengembangkan dan membuktikan bahwa kualitas tinggi dari dukungan yang disediakan memastikan bahwa ketersediaan mesin pelanggan melebihi harapan.

Seiring kesuksesannya yang terus berlanjut dengan AMMAN, Liebherr Indonesia menyelesaikan penjualan backhoe excavator R 9800, yang dikirim ke tambang pada Februari 2021. Alat berat ini adalah yang terbesar dalam portofolio produk Liebherr Mining dan berbobot 800 Ton yang mengesankan dalam konfigurasi backhoe, dan dilengkapi dengan desain bucket Liebherr EVO 40m3 untuk penetrasi material maksimum karena sifat geologi situs.

Pada tanggal 24 April 2021 Liebherr Indonesia menyelesaikan perakitan dan commissioning mesin R 9800, serta dalam gaya Liebherr yang sebenarnya, upacara serah terima mesin yang bergengsi berlangsung di tambang Batu Hijau di mana semua karyawan PT Amman Mineral Nusa Tenggara bersama dengan Assembly Team Liebherr Indonesia secara resmi menyerahkan kunci mesin kepada pelanggan yang berharga. Kedua belah pihak menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua tim yang bekerja keras, baik dari AMMAN maupun Liebherr Indonesia, yang telah berpartisipasi dalam perakitan, pengujian, dan commissioning mesin yang aman dan lancar guna mengantarkan mesin ini ke tim produksi secara tepat waktu.

Untuk lebih mendukung tim produksi AMMAN di tambang Batu Hijau, Liebherr Indonesia menyelenggarakan program pelatihan operator agar pelanggan mendapatkan praktik kerja terbaik dan teknik mesin saat bekerja dengan R 9800 secara penuh di lingkungan produksi. Operator Trainer Liebherr Indonesia yang berpengalaman, Tom Friend, memberikan pelatihan selama dua minggu, yang dibagi menjadi sesi pelatihan di ruang kelas dan tugas fisik untuk operasional mesin. Kegiatan-kegiatan pelatihan yang diberikan meliputi: keselamatan alat berat, inspeksi keliling, tata letak kabin operator, prosedur penyalaan/penghentian, prosedur pengoperasian berdasarkan persyaratan, dan dasar-dasar industri. Dengan pelatihan ini diharapkan setiap individu dapat mengembangkan keterampilan untuk mengoperasikan mesin tambang yang besar ini dengan aman dan mahir.

Untuk mendukung kebutuhan pelanggan akan produktivitas mesin yang maksimal dan waktu henti (downtime) yang minimal, Liebherr Indonesia telah bekerja sama dengan tim perawatan AMMAN untuk menghasilkan rencana perawatan terperinci yang akan diikuti selama masa pakai alat ini. Liebherr Mining/AMMAN Maintenance Management System mengikuti dan memantau masa pakai sambil memprediksi aktivitas pemeliharaan.

Mesin pengeduk ini hanya menggunakan komponen-komponen Liebherr yang asli untuk memastikan interaksi terbaik dengan alat berat, mendorong kinerja alat berat yang optimal dan pengoperasian alat berat yang paling efektif. Liebherr Indonesia secara berkala akan meninjau persyaratan suku cadang dan komponen-komponen mesin. Hal ini akan didasarkan pada jam operasi alat, konsumsi dan perawatan terencana, yang berdampak pada waktu henti yang minimal untuk AMMAN dengan akses ke consignment stock yang disimpan di lokasi tambang Batu Hijau yang memberikan produktivitas yang lebih baik kepada pelanggan dengan menyediakan suku cadang pada saat yang paling dibutuhkan.

Salah satu dari banyak tantangan yang dihadapi Liebherr Mining Excavator R 9800 dalam tugas operasional hariannya di tambang Batu Hijau adalah alat ini menjadi mesin backhoe kelas ultra pertama yang akan dioperasikan. Saat ini pelanggan menggunakan mesin backhoe yang lebih kecil di kelas 300 ton dan 500 ton serta rope shovel di kelas 1.000 ton. Selama beberapa minggu pertama pengoperasian alat berat ini dan setelah operator AMMAN memiliki waktu untuk mendapatkan pengalaman operasional, mesin ini mencapai hasil produksi lebih dari 8.000 ton per jam, yang merupakan pencapaian yang luar biasa setelah hanya beberapa minggu pengalaman pengoperasian.

Bagaimana umpan balik pelanggan setelah mengoperasikan R9800? Menurut sumber PT Liebherr Indonesia Perkasa, AMMAN sangat senang dengan kinerja excavator tambang R9800 ini. Menurut mereka, mesin ini sangat mulus dan cepat dalam pengoperasiannya. Misalnya, pemuatan truk angkut Caterpillar 793 dicapai dalam 3 lintasan yang juga sebanding dengan yang mereka capai saat memuat dengan rope shovel P&H 4100. Operator AMMAN juga mengatakan alat berat ini sangat nyaman dioperasikan saat bekerja dalam waktu lama.

Liebherr Mining Excavator R 9800 dirancang untuk bekerja di pasar excavator tambang kelas ultra; sangat cocok untuk memuat truk angkut kelas ultra berbobot 240, 290 dan 360 ton. Alat berat ini dirancang sebagai alat pemuat yang optimal untuk operasi penambangan skala besar dan dapat mencapai target produksi yang paling sulit dan menantang.

R 9800 didukung oleh dua mesin Cummins QSK60 dan menggunakan sirkuit ayun loop tertutup untuk memungkinkan torsi ayun maksimum sambil mempertahankan aliran oli penuh yang diperlukan untuk sirkuit attachment yang berfungsi. Sirkuit ayun independen yang dikombinasikan dengan sistem penggerak yang bertenaga menghasilkan gerakan lengan yang cepat dan mulus, yang berkontribusi pada waktu siklus yang lebih cepat.

Desain R 9800 mengintegrasikan sistem kontrol elektronik Litronic Plus, yang memungkinkan kontrol yang mudah bahkan ketika diperlukan gerakan simultan. Sistem redaman elektronik Liebherr yang dipatenkan menyediakan bantalan ujung terkontrol untuk gerakan attachment yang mulus. Attachment R 9800 memastikan gaya penggalian tertinggi, penetrasi bucket termudah, dan faktor pengisian tertinggi untuk bekerja bahkan dalam kondisi pengoperasian yang paling menantang.

Kabin operator yang besar dan lapang yang dimiliki R 9800 menawarkan kondisi kerja yang ideal dan kenyamanan operator yang optimal. Dipasang pada dudukan karet penyerap guncangan, desain kabin ini mengurangi getaran dan membatasi polusi suara untuk menyediakan lingkungan kerja yang tenang dan nyaman yang diperlukan untuk hari-hari yang panjang dan melelahkan saat bekerja di lokasi tambang.

PT Liebherr Indonesia Perkasa mengucapkan terima kasih kepada PT Amman Mineral Nusa Tenggara atas kepercayaannya kepada Liebherr sebagai mitra pertambangannya sekarang dan pada masa depan. EI

Related posts