26 C
Jakarta
11 Apr, 2021.

Mengenal Lebih Dekat Model Baru Dump Truck Cat® 777E

Caterpillar telah melakukan pembaruan pada dump truck Cat® 777E guna meningkatkan performa dan efisiensi pemakaian bahan bakar sehingga menghasilkan biaya yang lebih rendah per ton.

Dump truck tambang Cat®777E. (Foto: Cat)

Caterpillar memperkenalkan model baru dari dump truck tambang Cat® 777E dengan melakukan beberapa pembaruan guna meningkatkan kinerja dan efisiensi pemakaian bahan bakar.  Menawarkan kapasitas muat tertinggi di kelasnya, yaitu 98,2 ton, Truk Cat®777E tahun 2021 ini memiliki tenaga, torsi dan kontrol transmisi yang lebih bagus untuk menghasilkan produktivitas terbaik di kelasnya.

Pembaruan lainnya meliputi operasi Eco Mode yang dapat dikonfigurasi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan menurunkan biaya per ton material yang diangkut.

Menggunakan engine Cat C32 yang diperbarui, horsepower truk ini makin besar dan torsinya meningkat 7% sehingga meningkatkan kinerja pengangkutan. Pemetaan bahan bakar engine yang makin optimal dan Economy Mode yang adaptif menentukan titik operasi  paling efisien untuk meningkatkan penghematan bahan bakarnya.

Selain itu, para operator dapat memilih penurunan daya engine variabel dari 0,5% hingga 15% dalam operasi Eco Mode untuk lebih mengurangi konsumsi bahan bakar — dan fitur mematikan engine secara otomatis saat idle yang baru untuk mengurangi penggunaan bahan bakar dan keausan pada komponen-komponen engine.

Produktivitas truk 777E saat ini meningkat hingga 5%. Aplikasi Advanced Productivity Electronic Control Strategy (APECS) yang baru meningkatkan transmisi dan koordinasi engine untuk memanfaatkan tenaga engine yang tersedia dengan lebih baik. Hasilnya adalah sebesar 7% lebih banyak torsi dikirim ke roda penggerak untuk meningkatkan kinerja pengangkutan. Sistem kontrol baru juga memperlancar pemindahan gigi yang mulus guna meningkatkan kenyamanan operator.

Truk Cat®777E sekarang menawarkan start gigi kedua saat kondisi permukaan tanah rata dan miring. Strategi tersebut memungkinkan truk mencapai kecepatan optimal dengan lebih cepat, menurunkan waktu siklus, dan meminimalkan jumlah perpindahan transmisi.

Untuk menghemat bahan bakar, fitur auto neutral idle yang baru memindahkan transmisi ke kondisi netral saat truk idle. Fitur batas kecepatan transmisi memungkinkan kendaraan ini bekerja pada gigi optimal untuk kecepatan tertentu.

Saat bekerja dalam kondisi dingin, fitur auto-stall baru membantu dengan cepat membawa transmisi ke suhu operasi saat start-up. Efeknya adalah waktu non-produktif berkurang dan konsumsi bahan bakar untuk pemanasan menurun.

Truk Cat®777E juga melakukan pembaruan untuk meningkatkan efisiensi operator. Tuas perpindahan gigi baru dengan kontrol hoist dan rem parkir terintegrasi memudahkan operasi, dan fitur auto hoist menghasilkan penurunan bak truk yang terkontrol untuk mencegah benturan bodi serta meningkatkan umur berbagai komponen.

Tampilan layar sentuh baru menampilkan opsi antarmuka pengguna yang disempurnakan. Mudah dibaca, tampilan ini memberikan navigasi yang lebih baik melalui sistem kontrol alat. Tampilan baru ini memungkinkan operator memantau parameter-parameter utama operasi alat, seperti melakukan tracking daya muat serta interval-interval servis terjadwal yang akan datang.

Spesifikasi 777E 

 

Sejumlah teknologi terintegrasi baru Cat membantu meningkatkan efisiensi pengangkutan dan usia pakai yang lama dari dump truck 777E ini. Sistem Manajemen Produksi Truk (Truck Production Management System/TPMS) yang baru mengintegrasikan sensor-sensor tekanan topangan dan komputasi on-board serta menampilkan muatan truk kepada operator alat pemuatan. Sistem ini membantu mencapai volume pemuatan sesuai target. 

Sistem Manajemen Informasi Penting (Vital Information Management System/VIMS) pada ruang kabin 777E yang baru memungkinkan operasi-operasi untuk secara proaktif mengelola kesehatan dan produksi alat. Performa alat, data operasi, dan diagnosa secara real-time ditampilkan pada monitor dalam kabin agar mudah dilihat dan memecahkan masalah. Berbagai gejala yang terintegrasi mengembangkan tren-tren dari data operasi kumulatif yang dikumpulkan untuk membantu meningkatkan efisiensi siklus truk.

Fitur Tonne-Kilometer (TKPH) baru membantu memastikan bahwa operasi truk berada dalam rentang operasi ban-ban. Sistem ini memantau muatan, kecepatan, dan suhu sekitar untuk menghitung kondisi operasi, dan operator menerima peringatan yang dapat didengar saat kondisi melebihi batas-batas ban.

Dump truck 777E yang diperbarui ini dilengkapi dengan Product Link™  dengan opsi-opsi pelaporan mobile atau satelit untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tambang. Product Link menangkap data-data penting pengoperasian alat – lokasi, jam, bahan bakar, dll. – dan melaporkannya kembali ke kantor pusat melalui VisionLink®, membantu meningkatkan produktivitas, pemanfaatan truk, keselamatan, dan efisiensi perawatan.

Dengan TPMS yang terintegrasi, pembatas kecepatan beban berlebih bekerja bersama dengan sistem daya muat truk yang semakin baik untuk secara otomatis mengurangi kecepatan jalan saat truk kelebihan muatan. Sekarang aktuasi rem sepenuhnya hidraulik dan menghasilkan respons yang cepat dan aplikasi yang mulus.

Truk 777E menggunakan paket kaca spion baru yang dapat disesuaikan yang meningkatkan visibilitas ke area bagian belakang operator. Tersedia juga sistem kamera opsional untuk menghasilkan visibilitas lingkungan operasi semakin bagus ke bagian depan, belakang, dan samping alat dengan video feed yang ditampilkan pada monitor dalam kabin.

Engkol engine dan penguncian mesin menonaktifkan starter engine/kemudi sekunder dan berbagai peralatan untuk meningkatkan keselamatan servis. Titik-titik servis rutin terletak di tempat-tempat yang dapat dijangkau dari permukaan tanah dan terdapat sebuah display lampu indikator yang memastikan penguncian dilakukan secara efektif.

Sistem pelumasan otomatis opsional yang baru menyediakan gemuk untuk semua titik pelumasan pada dump truck ini, sehingga tidak perlu intervensi manual. Titik pengisian tangki dapat dijangkau dari permukaan tanah untuk memudahkan pengisian ulang dan meningkatkan keselamatan.

Informasi lebih lanjut mengenai truk tambang Cat®777E tahun 2021 ini, silahkan mengunjungi https://www.cat.com

Related posts

329744
Users Today : 949
This Year : 42204
Total Users : 329044
Views Today : 13895
Total views : 8372965
Who's Online : 15
Your IP Address : 34.204.185.54
Server Time : 2021-04-10