27.2 C
Jakarta
6 Mar, 2021.

Mengintip Performa Sennebogen 6133E pada Proyek DTSS Singapura

Guan Chuan Engineering mengandalkan telescopic crawler crane Sennebogen 6133E untuk pekerjaan sheet piling pada proyek Deep Tunnel Sewage System di Singapura. Alat ini dipuji karena jangkauan angkatnya yang tinggi dan sangat stabil. 

Sennebogen 6133 E menawarkan jangkauan boom utama sepanjang 52,2 m dan track telescopic crawler undercarriage 5,4 m, yang memungkinkan auger dan sheet pile dipegang tegak lurus (Foto: Sennebogen)

Singapura merupakan pelopor global dalam pengelolaan air berkelanjutan dan berinvestasi besar-besaran untuk Sistem Saluran Pembuangan Terowongan Dalam (Deep Tunnel Sewage System/DTSS). Saat ini sebuah proyek konstruksi DTSS skala besar telah memasuki fase kedua, yang harus diselesaikan pada tahun 2025. Proyek yang dipimpin oleh Guan Chuan Engineering Construction ini membangun sistem saluran air limbah pada salah satu terowongan di Penjuru Road, Singapura. Dalam tahap kedua ini, pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan adalah kombinasi 60 km saluran pembuangan penghubung, terowongan air bekas pakai sepanjang 30 km di Selatan (domestik), dan terowongan air bekas industri sepanjang 10 km di sebelah barat Singapura.

Tantangan utama dalam penggarap proyek ini adalah memastikan badan utama pemancang tidak bergerak saat tiang pancang Larssen yang saling terkait digeser. Untuk menjawab tantangan itu, spesialis teknologi tiang pancang tanpa suara dan perusahaan teknik pondasi Guan Chuan Engineering memilih telescopic crawler crane Sennebogen 6133 E. Mesin ini digunakan untuk mengangkat pemancang, yang bobot pile auger dan sheet pile-nya sering melebihi 20 ton.

Yang dominan dalam proyek ini adalah mengangkut limbah dan air bekas ke Instalasi Reklamasi Terpusat (Centralized Reclamation Plants ) yang terletak di dekat daerah pesisir, di mana limbah dan air bekas kemudian akan diproses menjadi air daur ulang bersih yang bermutu tinggi.

Dengan pengalaman hampir 40 tahun dalam pekerjaan pengeboran di pusat kota dan tiang pancang tanpa suara dalam kondisi-kondisi yang beresiko, Guan Chuan Engineering Construction mengkhususkan diri dalam solusi-solusi Penahan Tanah atau Stabilisasi Struktur berkualitas di Singapura. Dengan crane  Sennebogen itu dan dukungan purna jual dari distributornya, ALY Energy, mereka telah memberikan kepercayaan kepada Guan Chuan Engineering Construction untuk memiliki dan mengoperasikan berbagai macam telescopic crawler crane Sennebogen seperti 613, 653, 683, 6133 E, dan lainnya.

“Mesin-mesin Sennebogen benar-benar serba bisa – bahkan dalam aplikasi-aplikasi yang sulit,” kata David Liaw, direktur pelaksana Guan Chuan.

“Apa yang secara khusus meyakinkan kami selama bertahun-tahun adalah konstruksi yang kokoh, keandalan yang tinggi, dan transportasi yang mudah. Ini secara signifikan mengurangi biaya operasional,” tambahnya.

Keputusan untuk menggunakan Sennebogen 6133 E yang baru dibuat pada pameran perdagangan bauma 2019. “Desain mesin ini dan terutama kapasitas muat dan ketinggian jangkauannya langsung meyakinkan kami dan kami percaya bahwa crane 130 ton ini adalah tambahan yang ideal untuk armada kami,” kata Liaw.

Sangat stabil dan aman 

Puas dengan kabin yang nyaman Maxcab: Kabin ini menawarkan kepada operator Mohamad Hamid jarak pandan terbaik ke area kerja berkat jendelanya yang besar dan kemungkinan untuk memiringkan kabin hingga 20°

Stabilitas dan keamanan alat sangat penting dalam proyek-proyek konstruksi semacam ini. Sennebogen 6133 E dilengkapi dengan boom utama 6 bagian sepanjang 52 m. Jangkauan yang tinggi itu memungkinkan auger dan sheet pile dipegang tegak lurus secara terus-menerus. Dengan fly jib opsional sepanjang 15 m, bahkan tinggi jangkauannya bisa mencapai hampir 70 m.

Alat angkat ini sangat stabil berkat crawler undercarriage yang dapat diperkecil dengan lebar track 5,40 m. “Memegang  badan utama pemancang yang tanpa suara saat mengangkat dan meluncur dalam tiang panjang seringkali menjadi tantangan. Dengan struktur boom yang berkualitas dari Sennebogen, saya hanya perlu fokus meluncurkan plat baja, tidak ada yang lain,” komentar operator crane Guan Chuan, Mohamad Hamid, mengenai fitur-fitur alat ini.

Faktor keamanan penting lainnya adalah Sennebogen Maxcab, yang dilengkapi dengan jendela-jendela kaca besar sebagai standar dan dapat dimiringkan hingga 20°. Apakah mengawasi material-material yang diangkat atau safety supervisor, yang memberikan instruksi-intruksi penting, visibilitas area kerja yang baik sangat penting.

Siapa pun yang pernah bekerja di lokasi-lokasi konstruksi besar mengetahui betapa padatnya jadwal dan seberapa tepatnya perencanaan berbagai pekerjaan dan personel. Manimozhi Muthukumar, supervisor lokasi, memantau semua pekerjaan dan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap pekerja tahu persis apa yang harus dilakukan. Salah satu tantangan terbesarnya adalah menghemat waktu atau menggunakannya seefisien mungkin. Sangat membantu dalam operasi sehari-hari,  telescopic crawler crane sennebogen 6133 E dapat melepas dan memasang kembali track undercarriage dengan remote control, selain memasang dan melepas counterweight-nya.

“Tidak ada penundaan dan tidak perlu tenaga tambahan. Sennebogen 6133 E dapat menarik track selebar 5,40 m menjadi 4 m untuk memuat sendiri ke low-loader,” kata Muthukumar.

Kehadiran Sennebogen 6133 E memungkinkannya untuk memaksimalkan tenaga yang ada karena proses mobilisasi dan demobilisasi yang mudah. Menurut Muthukumar, dengan menggunakan Sennebogen 6133 E, maka tidak diperlukan crane tambahan di lokasi kerja untuk melakukan mobilisasi dan demobilisasi. “Ini membuat pekerjaan saya jauh lebih mudah sehingga saya dapat dengan aman fokus untuk mengerahkan orang-orang saya di sekitar lokasi,” komentarnya.

Bukan hanya karena transportasi yang mudah sehingga mesin-mesin telescopic crawler crane – seperti Sennebogen 6133 E – menjadi semakin populer di lokasi konstruksi. Mereka dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan, dapat bermanuver di medan yang sulit dan juga cocok untuk lokasi konstruksi yang sempit. Bergantung pada kondisi setempat, mereka dapat memindahkan muatan dengan menggunakan prinsip Pick & Carry.

“Dengan mesin-mesin telescopic crawler crane, kami menjadi lebih fleksibel. Ini memungkinkan kami bekerja jauh lebih efisien dibandingkan dengan bekerja dengan alat-alat konvensional,” David Liaw menyimpulkan. (Sumber: Sennebogen)

Related posts