26.8 C
Jakarta
Nov 21, 2019.
Image default

Misi Genie Boom pada Kejuaraan Renang Dunia di Hungaria

Sepuluh unit Genie boom berpacu dengan waktu membantu menyelesaikan pengerjaan gelanggang untuk World Swimming Championships 2017 di Hungaria.

genie okt 1
Unit-unit Genie ZX-135/70 membantu pemasangan kerangka atap baja pada bagian dalam dari bangunan gelanggang renang hingga ketinggian 43,15 m. (Foto: Besenyei Gergely)

Awalnya Hungaria menjadi tuan rumah Kejuaran Renang Dunia (World Swimming Championships) pada 2021. Namun, ternyata kota Guadalajara di Meksiko menarik diri dari tuan rumah kejuaraan tahun 2017 pada Maret 2015 lalu, dan kota Budapest menerima tantangan itu.

Hanya dengan waktu dua tahun sebagai ganti empat tahun untuk menuntaskan konstruksi Dagàly Aquatics Complex setinggi 54 meter, perusahaan rental yang berkedudukan di Budapest, Gepber, merekomendasikan penggunaan 10 unit articulating dan telescopic aerial work platform merk Genie, yang meliputi dua unit SX-180 super boom dan lima mesin ZX-135/70 unit, yang terbukti menjadi alat yang sangat membantu dalam melakukan serangkaian pekerjaan dengan presisi tinggi.

genie okt 2
Tata letak kolam renang di Dagàly Aquatics Complex

Didisain oleh seorang arsitek muda Hungaria, Ferenc Hetsch (27 th), dan terletak di tepi sungai Danube (River Danube), Dagàly Aquatics Complex yang terdiri dari enam tingkat dengan tampilan yang spektakular akan menjadi venue utama World Swimming Championships yang ke-17.

Meliputi area seluas 25.000 m2 dan dengan kapasitas 5.000 tempat duduk yang dapat ditambah hingga 18.000, gelanggang olahraga renang tersebut terdiri dari 10 jalur, kolam renang kompetisi sepanjang 50 meter, kolam untuk pemanasan 8 jalur, dua kolam untuk rekreasi, restoran di lantai paling atas, ruang pers dan VIP serta fasilitas untuk bersenang-senang lainnya.

Menggunakan atap yang dapat ditarik masuk, bangunan ini memanfaatkan teknologi canggih untuk melepaskan energi panas bumi, air limbah dan jejak kaki orang-orang yang ditangkap dengan selasar-selasar pintar yang mengelilingi bangunan itu.

Tidak lama setelah struktur utama kompleks bangunan itu didirikan, Gepber menyediakan lima unit articulating boom Genie ZX™-135/70 dan lima telescopic boom yang meliputi satu unit S™-125 HD, dua S™-85 dan tiga unit SX-180 boom – semuanya merk Genie – untuk membantu memasang satu jaringan kabel listrik yang keren di seluruh kompleks gelanggang itu.

Unit-unit Genie itu juga dioperasikan untuk membantu mengangkat, memasang dan mengelas komponen-komponen atap dan panel-panel dekoratif yang menutup bagian luar bangunan itu. Pekerjaan itu dijadwalkan tuntas dalam tempo empat bulan.

Di samping keterbatasan waktu dan kompleksitas pekerjaan, “Tempat kerja yang sangat sibuk dan ruang gerak yang relatif terbatas menjadi tantangan-tantangan tersendiri,” kata Csaba Farkas, Managing Director, Gepber, Hungaria.

“Mesin-mesin ini begitu reliable dan sangat cocok untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang menuntut presisi tinggi yang terbukti lebih mudah dan cepat dari yang diharapkan semula. Ini hanya soal bagaimana menggunakan peralatan yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan itu.”

Meski unit-unit articulating Genie ZX-135 bekerja pada level-level bangunan yang lebih rendah hingga 43,15 m, dua unit SX-180 boom Genie didedikasikan untuk menghendel elemen-elemen bangunan yang paling tinggi, dan terutama untuk pengelasan komponen-komponen baja dari atas yang dapat ditarik masuk hingga ketinggian 54 m. Menggunakan mekanisme built-in yang memungkinkan untuk buka – tutup, bergantung pada kondisi cuaca, model atap seperti ini merupakan yang pertama di Hungaria.

Menawarkan jangkauan ke atas maksimal hingga 56,85 m, jangkauan ke samping maksimal hingga 24,4 m dan diperlengkapi sebagai standar dengan sebuah generator 7.5 kW on-board, sebuah AC power-to-platform dan paket pengelas, “Mesin Genie SX-180 boom benar-benar kompak dan mudah bermanuver untuk sebuah mesin dalam kategori ini yang memberikan keuntungan nyata untuk misi khusus ini,” kata Farkas berpromosi.

“Di samping kontrol keseimbangan yang bagus, para operator juga merasakan jib yang sangat cekatan mengelas komponen-komponen secara tepat di mana diperlukan, sehingga sangat membantu dalam menghemat banyak waktu,” dia menambahkan. Mesin-mesin tersebut menghendel sendiri misi itu dengan tuntas tanpa rintangan  hanya dalam tempo enam pekan persis sebelum jadwal yang ditentukan.” Dagàly Aquatics Complex akan membuka lebar semua pintunya bagi para perenang dan penyelam pada Maret 2017 saat digelarnya Kejuaran Dunia FINA (International Swimming Federation) ke-17, 14-30 Juli tahun depan.

Related posts

Hino Pertahankan Posisinya Sebagai Market Leader

Mobil Lubricants Luncurkan Service Booking Module (SBM) Sebagai Inovasi Solusi Pelumasan Terdepan

William Syukur

SUMITOMO HA90C Bantu Proses Overlay Bandara Husein Sastranegara

William Syukur