26.2 C
Jakarta
25 Okt, 2021.

SmartEquip Diluncurkan Secara Resmi di Jepang

SmartEquip telah meluncurkan jaringan e-procurement suku cadangnya di Jepang melalui kemitraan dengan Diamond Construction Equipment Corp yang berbasis di Tokyo.

SmartEquip mengumumkan peluncuran layanannya di pasar Jepang, yang dioperasikan dalam kemitraan dengan Diamond Construction Equipment Corp yang berbasis di Tokyo. Jaringan SmartEquip sekarang beroperasi penuh di Jepang, dengan semakin banyak pemasok Jepang yang telah beroperasi, dan yang pertama perusahaan rental besar Jepang telah memasuki fase percontohan.

Kedua perusahaan itu secara diam-diam menyelesaikan persyaratan kemitraan mereka pada Maret 2020, dan sejak itu telah sepenuhnya menginternasionalkan dan meluncurkan platform secara komersial di pasar Jepang. Beberapa pemasok Jepang telah bergabung dengan Jaringan bersama produsen yang sudah aktif di Amerika Utara dan Eropa, dan yang ingin memperluas jangkauan dan dukungan mereka di pasar Jepang.

Diamond Construction Equipment Corp (Diamond) merupakan perusahaan  yang dimiliki bersama oleh empat perusahaan penyewaan alat berat terbesar di Jepang dan Mitsubishi Corp. Perusahaan ini menyediakan jasa penyewaan kembali (re-rental) mesin-mesin excavator jangka panjang di Jepang dan layanan-layanan lainnya, termasuk logistik transportasi, dan sekarang juga teknologi SmartEquip. Keempat perusahaan rental tersebut adalah Nikken, Aktio, Nishio Rent All dan Kanamoto, yang secara bersama-sama menguasai lebih dari 35% pasar Jepang.

Platform e-procurement SmartEquip mendukung lebih dari US$1 miliar dalam transaksi suku cadang setiap tahunnya, menghubungkan 600 merek OEM dengan 95.000 pengguna perusahaan rental dan 42.000 lokasi peralatan di seluruh dunia.

“SmartEquip telah lama merasakan peluang luar biasa di Jepang,” kata Alexander Schuessler, pendiri dan Presiden Grup Internasional SmartEquip, Jumat,  (24/9).

“Tingkat penetrasi rental sangat tinggi, kepemilikan peralatan berjalan lama, dan efisiensi operasional serta peningkatan manajemen siklus hidup peralatan memiliki dampak besar pada profitabilitas – baik untuk perusahaan rental maupun produsen-produsen yang memasok dan mendukungnya. Faktor-faktor ini bersama-sama mewakili pengaturan yang sempurna untuk proposisi nilai kami.”

Tatsuo Miyazawa, CEO Diamond Construction Equipment, mengatakan perusahaan itu sangat senang dapat membawa teknologi SmartEquip ke Jepang; “Perusahaan-perusahaan rental di Jepang sudah lama mengetahui bahwa teknologi ini dapat meningkatkan profit mereka dengan mengurangi biaya tenaga kerja dan dengan meningkatkan penggunaan peralatan secara finansial.

“Sangat menyenangkan dapat meluncurkan peluang-peluang profitabilitas ini di pasar kami, dan melakukannya dengan solusi teknologi elegan yang mudah diterapkan dan sangat ramah pengguna. Kami berterima kasih kepada SmartEquip atas kemitraan kami dan berharap dapat memperluas jejak ini dengan sangat cepat bersama-sama selama beberapa tahun ke depan.”

Schuessler mengatakan bahwa kesepakatan itu memberikan peluang unik, mengingat sifat pasar Jepang.  “Pertama, penetrasi sewa lebih tinggi di Jepang daripada di pasar lain manapun SmartEquip saat ini aktif – di atas 80 atau bahkan 85%, dibandingkan dengan sekitar 50% di Amerika Utara.

Kedua, dibandingkan dengan rekan-rekan mereka di Eropa dan Amerika Utara, perusahaan-perusahaan rental di Jepang mempertahankan peralatan mereka jauh lebih lama – seringkali hingga 7-10 tahun. Seiring bertambahnya usia peralatan, biaya servis dan suku cadangnya meningkat dengan laju yang semakin cepat.

“Oleh karena itu, rata-rata pemakaian suku cadang dan komponen dari total biaya siklus hidup peralatan juga sedikit lebih tinggi. Ini berarti potensi dampak SmartEquip dalam mengurangi total biaya kepemilikan juga secara signifikan lebih besar. Perusahaan-perusahaan rental Jepang dan para pemasok mereka akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan substansial dalam profitabilitas secara keseluruhan.”

 “Sangat menyenangkan menyaksikan Jaringan SmartEquip beroperasi secara komersial di Jepang dan melihat peningkatan harian dalam jumlah pesanan yang berjalan melalui platform kami,” kata Schuessler. (Sumber: SmartEquip)

 

Related posts