Alat Berat
Mining Press Release Top News

Fokus pada keberlanjutan lokasi tambang, Cat perkenalkan truk air 777G baru

Mendukung otomatisasi penuh operasi armada alat berat di area tambang, Caterpillar memperkenalkan truk tangki air Cat 777G pada MINExpo 2021 yang dilengkapi dengan Cat MineStar Command untuk pengangkutan, menyediakan pengiriman air secara otomatis. Autonomous water truck (AWT) 777G mewakili pendekatan baru untuk mengendalikan debu di lokasi tambang, membantu memecahkan masalah-masalah kelebihan air dan kekurangan air dengan fokus pada operasi-operasi tambang yang berkelanjutan.

Caterpillar memamerkan truk tangki Cat 777G AWT pada acara MINExpo pada pertengahan September 2021 di Las Vegas, AS. Truk ini memiliki kemampuan untuk bekerja secara otomatis di area tambang, sehingga menawarkan potensi pemanfaatan yang lebih besar daripada truk-truk dikendalikan oleh operator. Kendaraan-kendaraan otomatis ini meminimalisir gangguan-gangguan operasi seperti pergantian shift atau istirahat makan sambil menjaga konsistensi operasi sehingga menjamin efisiensi pengangkutan.

Penggunaan truk air otomatis ini bertujuan untuk mencegah overwatering atau underwatering, meningkatkan produktivitas dan keselatan di area tambang. Dilengkapi dengan perangkat keras dan teknologi Command Caterpillar, tru otomatis ini mampu berinteraksi dengan peralatan otomatis lainnya di area kerja dan berintegrasi dengan proses dan sistem penambangan para customer, semuanya dikelola oleh MineStar.

Truk Cat 777G AWT yang dipamerkan pada MINExpo itu menggunakan teknologi Command yang sama yang saat ini digunakan pada AWT Cat 789D yang beroperasi secara otomatis di tambang bijih besi Gudai-Darri Rio Tinto di wilayah Pilbara, Australia Barat. Menggunakan truk air otonom pertama di dunia, Gudai-Darri berada di jalur yang tepat untuk menjadi salah satu tambang paling otomatis di dunia.

Selain Cat 789D AWT, armada tambang ini terdiri dari truk otonom Cat 793F yang dilengkapi dengan perangkat Command untuk pengangkutan dan tiga model bor otonom Cat yang dilengkapi dengan Command untuk pengeboran. Menawarkan kapasitas tangki 160.000-l (42.288-gal), AWT 789D ini melaporkan dan menelusuri jumlah air yang dikirim untuk mengelola aplikasi air dan menjaga jalan-jalan tambang dalam kondisi optimal.

Memanfaatkan keahlian Caterpillar dan Rio Tinto, AWT 789D yang baru melanjutkan program Mine Site of the Future dari Rio Tinto. “Ketika Rio Tinto mendekati Caterpillar tentang proyek greenfield, solusi truk air otomatis ini belum ada tetapi menjadi prioritas utama kami, dan memenuhi kebutuhan ini merupakan tantangan yang sangat ingin diambil Caterpillar,” kata Presiden Caterpillar Resource Industries Group, Denise Johnson.

Serupa dengan Cat 789D AWT di Gudai-Darri, 777G AWT yang dipamerkan ini mengintegrasikan sistem pengiriman truk, tangki, dan air, yang terhubung dengan teknologi Cat. Dengan fitur Cat Water Delivery System (WDS), truk ini menyalurkan aliran air secara bervariasi berdasarkan kecepatan truk, dan variable displacement pump secara otomatis mulai dan berhenti saat truk melambat atau berhenti, mencegah kelebihan air dan traksi buruk berikutnya di persimpangan.

Tangki air Cat yang dipasang pada Cat 777G AWT memiliki kapasitas 76.000 liter. Truk ini dilengkapi dengan sistem semprotan air, pelindung percikan, saluran pengisi dan pelontar batu. Adaptive Economy Mode yang dimilikinya mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 13% pada mode bertenaga tinggi  dan water cannon beroperasi pada kecepatan idle engine guna semakin menghemat pemakaian bahan bakar hingga 50%.

Untuk lokasi tambang yang tidak memerlukan operasi otonom, Caterpillar saat ini menawarkan truk Cat 777G Water Solutions terintegrasi yang memanfaatkan teknologi MineStar Edge untuk membantu operator mengontrol debu jalan angkut dengan lebih baik.

Berbasis cloud, MineStar Edge mengumpulkan dan mengomunikasikan data alat berat, memungkinkan para pengawas lokasi memonitor armada dan memenuhi target produksi.

Sistem yang dapat diskalakan ini menyediakan berbagai data termasuk pelaporan secara real-time dan historis, lokasi dan pemanfaatan truk, tingkat pemakaian bahan bakar dan air, volume air yang didistribusikan, area yang tercakup, dan laju air yang disemprotkan, di antara metrik-metrik operasi lainnya. (Sumber: Caterpillar)

Berita Terkait